Indeks

Heboh, Warga di Siak Temui Harimau Suamtera

Tim Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau mengukur tapak seekor harimau. (Foto: istimewa).

PEKANBARU, RADARSATU.COM  Baru-baru ini seorang warga bernama Nasrun menghebohkan jagat raya khususnya di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Pasalnya, Nasrun mengaku telah melihat seekor Harimau Sumatera di salah satu kebun sawit di wilayah tersebut.

Mendapat informasi tersebut, Kepala Desa Kampung Temusai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak pun langsung melaporkan temuan itu kepada Tim Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau langsung gerak cepat dengan mendatangi lokasi penemuan harimau sumatera itu.

“Tadi tim mendatangi lokasi menindaklanjuti informasi dari Kepala Dusun/Desa Temusai terkait warga bertemu satwa HS di kebun sawit warga,” kata Kabid Teknis BBKSDA Riau, Mahfudz saat dikonfirmasi, Selasa (11/7/2023).

Tiba di lokasi, tim langsung berkoordinasi dengan pihak Kampung/Desa Temusai, Kepala dusun, Bhabinkamtibmas, Babinsa, MPA dan masyarakat.

Setelah berkoordinasi, tim bersama aparat desa langsung melakukan pengembangan ke lokasi, di mana warga melihat harimau itu.

“Hasil pengukuran dilokasi tim menemukan jejak satwa diduga harimau sumatera  ukuran 7 cm,” katanya.

Untuk memantau pergerakan harimau sumatra itu, tim melakukan pemasangan camera trap di lokasi.

Ia juga meminta warga setempat untuk memberikan informasi jika ada yang melihat harimau berkeliaran.

“Tim juga menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam beraktivitas, tidak beraktivitas di jam aktif satwa harimau Sumatra dan memberi informasi kepada petugas BBKSDA Riau terkait perkembangan lebih lanjut di lapangan,” tambahnya.

Tim BKSDA diturunkan ke lokasi setelah mendapat laporan dari kepala desa setempat, setelah petugas Bhabinkamtibmas mendapat laporan pemilik kebun bahwa pemanen sawit bernama Nasrun melihat harimau saat akan ke kebun, pada Sabtu 8 Juli 2023 kemarin.

Saksi yang saat itu menggunakan motor mengaku melihat harimau Sumatra sedang terbaring di tengah jalan menuju kebun untuk memanen sawit.

Karena takut menjadi mangsa, saksi kemudian berbalik arah dan mengadukan apa yang dilihatnya kepada Sugeng pemilik kebun sawit.

Exit mobile version