300 Pegawai BP Batam dan 20 Anggota Pikori Ikuti Pelatihan Pembentukan Karakter

300 Pegawai BP Batam dan 20 Anggota Pikori Ikuti Pelatihan Pembentukan Karakter. (Foto: istimewa).

BATAM, RADARSATU.COM – Sebanyak 300 pegawai BP Batam dan 20 anggota Persatuan Istri Karyawan BP Batam (PIKORI BP Batam) mengikuti Diklat ESQ Character Building, yang diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM). Kegiatan ini, dilaksanakan selama dua hari, mulai dari 4 hingga 5 April 2023 di Ruang Balairungsari.

Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualiatas SDM di lingkungan BP Batam. Tujuannya, agar kedepannya dapat mengembangkan Kota Batam menjadi Batam yang modern. Sesuai yang telah dicita-citakan oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

“Tentunya kedepan, untuk mengembangkan BP Batam yang makin bagus, sehingga Kota Batam semakin sukses kedepan,” ujarnya usai membuka Diklat ESQ Character Building di Balairungsari BP Batam, Selasa (4/4/2023).

Ia melanjutkan, kegiatan ini akan banyak ilmu yang dapat diperoleh oleh peserta untuk dipraktekkan pada kemudian hari. Namun, dalam prakteknya tidak mudah karena akan ada tantangan kedepannya.

“Saya berharap, ketika ada tantangan kita juga berjuang untuk tantangan itu. Kita atasi dengan ilmu yang kita dapatkan,” katanya.

Ia menambahkan, jika ilmu yang telah diperoleh tersebut dilaksanakan secara konsisten, maka kualitas SDM di lingkungan BP Batam dalam mengembangkan organisasi dan Kota Batam tak perlu diragukan lagi.

“Sudah tentu akan semakin sukses dan makin maju. Harapannya nanti masa kedepan Batam ini semakin bisa mengikuti negara lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BP Batam, Lilik Lujayanti mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 320 peserta yang terdiri dari 300 pegawai dari seluruh unit kerja dan 20 orang perwakilan dari Pikori.

Dijelaskannya, kegiatan ESQ Caracter Building ini sengaja digelar pada momen bulan Ramadhan. Sebab, pada momen ini posisi iman dari pegawai yang beragama muslim tengah berada di posisi puncak.

“Tentunya kita ingin mengisi, bagaimana kita sebagai karyawan nantinya dapat berperan seoptimal mungkin dalam kemajuan organisasi BP Batam. Jadi tentunya kami juga ingin dengan kesadaran yang tinggi antara hak dan kewajiban berimbang, kami harapkan peran serta seluruh pegawai untuk dapat berperan dimana pun berada,” katanya.

Ia mengharapkan, seluruh pegawai di lingkungan BP Batam dapat bekerja semaksimal mungkin. Karena setiap pegawai mempunyai tugas yang mulia. Sehingga diharapkan seluruh pegawai mempunyai kesadaran dalam memberikan kontribusi bagi BP Batam.

“Apabila pegawai punya kesadaran bahwa masing masing pegawai itu punya kontribusi, saya rasa BP Batam ini akan terus makin maju karena ditopang oleh SDM yang punya peran dan fungsi maksimal,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, ESQ Character Building adalah salah satu program dari ESQ yang bertujuan agar peserta mampu menemukan kebahagiaan spiritual. Sehingga memadang pekerjaan bukan beban melainkan sebuah pengabdian dan panggilan jiwa.

Selanjutnya, peserta dapat memaknai setiap tantangan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri sehingga dapat bekerja dalam tekanan/stress. Selain itu, meminimalisir sifat negative dan mengeluarkan sifat positif sehingga dapat bekerja sama dengan baik, dalam sebuah tim.

Kemudian, peserta dapat menanamkan kesadaran di dalam diri setiap individu akan pentingnya perbaikan yang terus menerus.

Terakhir, menyelaraskan nilai (Values) dan Keyakinan (Beliefs) dengan Perilaku (Behaviour) Pribadi. Sehingga hati, pikiran dan perbuatan menjadi sejalan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *