Mahasiswa Harus Siap Hadapi Perkembangan Dunia Digital di Era Society 5.0

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Hermanto Baran saat memberikan kata sambutan. (Foto: istimewa).

BENGKALIS, RADARSATU.COM – Generasi mahasiswa teknologi informasi perlu memiliki kesiapan, kemampuan berpikir dan implementasi secara global dalam menghadapi perkembangan dan tantangan di era digital.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Hermanto Baran saat menghadiri dan sekaligus membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ke-V Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Permikomnas) Wilayah II Politeknik Negeri Bengkalis tahun 2023 di gedung Aula ADM. Jumat (17/3/2023).

Rakerwil Permikomnas Ke V dilaksanakan selama tiga hari kedepan terhitung 17-19 Maret 2023 dan diikuti dari wilayah II yakni Riau, Bengkulu, Jambi, Kepri dan Sumbar. Sebelum dilaksanakan pembukaan Rakerwil Permikomnas terlebih dahulu dilaksanakan pelantikan Badan Pengurus Wilayah (BPW) II Korwil dan Anggota Permikomnas Politeknik Negeri Bengkalis periode 2023-2025.

Mantan Kaban Kesbangpol dalam sambutannya mengatakan perkembangan teknologi di masyarakat telah mendorong terbentuknya era baru yaitu society 5.0. dimana society 5.0 didefinisikan sebagai masyarakat yang memiliki pusat perhatian pada manusia dan dapat menyeimbangkan antara perkembangan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial dengan mengintegrasikan antara dunia maya dengan dunia nyata.

“Pembentukan society 5.0 ini memiliki tujuan untuk menciptakan masyarakat yang berpegang teguh pada human-centered society atau masyarakat berpusat pada manusia untuk mewujudkan pembangunan ekonomi, menyelesaikan permasalah sosial, dan memberikan kualitas hidup tinggi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis tentunya menyambut baik dan memberikan apresiasi dengan diselenggarakannya Rakerwil ke-V Permikomnas Wilayah II Politeknik Negeri Bengkalis tahun 2023 ini. Semoga melalui Rakerwil ini, dapat melahirkan beberapa rekomendasi dan program kegiatan mahasiswa teknik informatika kedepan dalam upaya memajukan dunia teknologi di negeri junjungan ini, bahkan sampai Nasional dan Internasional hendaknya.

“Kepada adik-adik mahasiswa TI, mari kita hasilkan program kerja yang benar-benar bermuara pada peningkatan pengembangan kemampuan dalam menghadapi persaingan global yang semakin glamor dengan konsep digitalisasi untuk daerah ini, sehingga kedepannya adik-adik sudah siap menerima tantangan era society 5.0 dengan memiliki kemampuan kognitif yang mampu memecahkan masalah yang kompleks, berpikir kritis serta kemampuan menggunakan teknologi,” ajaknya.

Hadir mengikuti Rakerwil tersebut Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Johny Custer, Kajur TI Kasmawi, Kadin Bengkalis Muhammad Ridho Nosa selaku narasumber, Demisioner Korwil Wandri Saputra Simbolon, Koordinator Wilayah II Permikomnas Hanafi Pandia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *