Jambore Jurnalistik Resmi Ditutup, Jurnalis Diharapkan Tak Mudah Terpengaruh Berita Hoax

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Tanjungpinang, Mohammad Yatim didampingi Kadis Kominfo, Teguh Susanto secara resmi menutup kegiatan Jambore Jurnalistik yang berlangsung selama dua hari di Hotel Comforta Tanjungpinang. (Foto: Robbin.S).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemko Tanjungpinang, Mohammad Yatim didampingi Kadis Kominfo, Teguh Susanto secara resmi menutup kegiatan Jambore Jurnalistik yang berlangsung selama dua hari di Hotel Comforta Tanjungpinang, Kamis (9/3/2023).

Dalam sambutannya, Mohammad Yatim mengatakan, di zaman digital saat ini sangat mudah mendaptkan informasi-informasi yang sliweran di akun medsos. Oleh karena itu diharapkan para jurnalis menjalankan tugasnya sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Saat ini zaman semakin canggih di era dikital, dalam konteks ini tentu para Jurnalis tidak boleh menelah informasi sepihak yang dapat merugikan pihak lain. Silahkan cros chak kebenarannya sesuai dengan KEJ, setelah akurat dan akuntabel, baru dapat dipublikasikan,” katanya.

Menurutnya, di tahun 2023 ini telah memasuki tahun yang edintek dengan peta politik pada Pemilu 2024 mendatang. Yatim berharapa para wartawan khususnya yang bertugas di wilayah Kota Tanjungpinang untuk selalu menjungjung tinggi nilai demokrasi.

“Kita memahami bahwa tahun 2023 sangat identik dengan peta politik, dimana tahun 2024 mendatang akan ada pesta demokrasi Pemilukada serentak. Untuk saya harap para rekan wartawan khususnya yang bertugas di Kota Tanjungpinang secara bersama menjungjung tinggi nilai demokrasi serta memberikan berita-berita yang akurat,” ujarnya.

Yatim menegaskan, pada saat Pemilukada 2024 nantinya para wartawan juga diharapkan tidak memihak salah satu paslon dan mudah terprovokasi karena terindikasi dengan isu yang menyesatkan sehingga tampa disadari justru merugikan pihak lain.

“Hendaknya rekan wartawan dalam menaikkan berita jangan terkesan menonjol keberpihakan. Jadikan dirimu seorang wartawan yang santun, bermartabat, profesional dan berintegritas sesuai tema Jambore Jurnalistik kita,” tegasnya.

Perlu diketahui, Kegiatan ini merupakan ide positif dari Walikota Tanjungpinang Rahma yang direalisasikan oleh Diskominfo Kota Tanjungpinang. Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu juga menggelar lomba karya tulis yang diikuti sebanyak 70 wartawan Kota Tanjungpinang.

Terakhir, Yatim menambahkan bahwa kegiatan Jambore Jurnalitik ini diharapkan dapat berkelanjutan dan menjadi agenda tahunan.

“Siapapun yang terpilih dan dipercaya oleh rakyat memimpin Kota Tanjungpinang kedepannya, semoga kegiatan Jambore Jurnalistik ini bisa terlaksana kembali di Tanjungpinang dan dapat dilestatikan untuk tahun selanjutnya. Mudah- mudahan tahun depan Jambore Jurnalis dapat kita selenggarakan di tempat wisata Trikora atau Lagoi,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *