Indeks

Kapolres Karimun Menggelar Syukuran HPN ke-77 Bersama Wartawan

Kapolres Karimun AKBP Ryky W. Muharam melakukan foto bersama dengan wartawan usai syukuran HPN ke-77. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Kapolres Karimun AKBP Ryky W. Muharam menggelar syukuran Hari Pers Nasional (HPN) ke-77 tahun 2023 bersama wartawan dari berbagai media cetak, online elektronik yang bertugas di wilayah hukum Polres Karimun, Jumat (10/2/2023).

Rangkaian kegiatan diawali dengan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada wartawan senior yakni, Yuliana dan wartawan termuda yaitu Yeni Hartati. Kemudian, untuk memeriahkan acara tersebut, acara dilanjutkan dengan undian doorprize kepada 5 orang yang beruntung.

Dalam sambutannya, Kapolres Karimun AKBP W. Muharam menyebutkan bahwa pers merupakan mitra Polri, dalam hal ini Polres Karimun. Oleh karena itu, sinergitas yang sudah terjaga selama ini perlu dipertahankan dan tetap dijaga. Menurutnya, dengan adanya sinergitas tersebut maka akan tercipta hubungan yang harmonis.

Ryky juga memaparkan terkait tema HPN ke-77 tahun 2023 kali ini yaitu “Pers bebas, demokrasi bermartabat”.

Kebebasan pers merupakan bagian dari kebebasan berpendapat yang dijamin oleh Undang-Undang yang tertuang dalam Pasal 2 UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers menyebut kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

“Memang, tanpa adanya ruang kebebasan yang memadai, pers tidak akan pernah leluasa bergerak dalam menjalankan fungsinya. Hal itu terutama fungsi pers dalam konteks pengawasan dan kontrol sosial.

“Saya sangat berharap Polres Karimun dan pers satu persepsi dalam menciptakan iklim kenyamanan dan keamanan di masyarakat. Konsep ini perlu kita jaga dan dipelihara. Saya tau dan mengakui, selama ini pers sangat memberikan kontribusi yang cukup positif dalam menjaga iklim keamanan yang kondusif meskipun saya baru menjabat di Polres Karimun ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Karimun Riyadi mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Kapolres Karimun beserta jajaran yang telah bersedia mengadakan syukuran tersebut.

Menurutnya, syukuran yang dilaksanakan Polres Karimun iyu merupakan bukti bahwa telah terbangunnya sinergitas yang baik antara pers dan polisi.

“Saya mewakili rekan-rekan pers yang bertugas di Kabupaten Karimun mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Bapak Kapolres yang sudah menggelar syukuran dalam rangka HPN ke-77 tahun 2023 ini,” tambahnya.

Exit mobile version