Bulan K3 Nasional, PT Timah Tbk Raih Penghargaan dari Kementerian ESDM

PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur. (Foto: Istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur berhasil meraih penghargaan inovasi keselamatan pertambangan perusahaan komoditas mineral dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penghargaan ini diumumkan dalam pembukaan peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2022 yang dibuka oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu Bara Sunindyo Suryo Herdadi yang dilaksanakan secara virtual oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Kamis (12/1/2023) kemarin.

PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur meraih juara ke II dalam ajang Inovasi Keselamatan Pertambangan.

Lomba ini diikuti lebih dari 1633 Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Dari seluruh peserta yang ikut kegiatan ini hanya ada lima perusahaan yang masuk nominasi sebagai pemenang.

Baca Juga :  Berkat Modal Dari PT Timah Tbk, Bujang Bisa Tambah Peralatan Tangkap

Mengusung inovasi keselamatan pertambangan yang dengan tema Sistem Informasi Operasi Produksi Laut ( SIOPL ) untuk Monitoring Kegiatan Penambangan Laut Kapal Isap Produksi.

Tim Unit Produksi Kundur memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini untuk dapat membantu mengurangi angka kecelakaan pada saat penggalian.

Waka Unit Produksi Kundur sekaligus team dari Inovasi Keselamatan Pertambangan Anton Saputra menjelaskan, inovasi ini dibuat untuk meminimalisasi dampak kecelakaan dari operasi penambangan.

“Pada inovasi keselamatan pertambangan kali ini melalui SIOPL kita dapat memonitor posisi kapal saat melakukan penggalian serta mengetahui kondisi atau kultur tanah seperti apa. Sehingga informasi yang di dapat dengan cepat tentu akan memudahkan para crew penambangan untuk segera mengambil tindakan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Baca Juga :  PT Timah Tbk Serahkan Bantuan ke Balai Latihan Kerja Cipta Mandiri di Karimun

Banyak manfaat dari SIOPL ini untuk mendukung Keselamatan dalam penambangan seperti menurunkan intensitas ladder tertimpa atau terjepit material, menurunkan probabilitas resiko kapal karam dan tenggelam akibat ladder tertimpa atau terjepit material penambangan dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan inovasi ini dengan menggunakan jaringan internet, dari jauh juga dapat memonitor posisi beroperasinya kapal, posisi gali cutter, area penambangan dan data penambangan.

Selain itu dengan inovasi SIOPL juga dapat mengurangi biaya dari dampak terjadi sebuah kecelakaan kerja.

Baca Juga :  PT Timah Kembangkan Program Pembesaran Kepiting di Pulau Stunak

Dalam dua tahun berturut PT Timah Tbk berhasil mencatatkan zero fatality dan terus melakukan transformasi dan inovasi dalam meningkatkan keselamatan dalam proses bisnis perusahaan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.