Bunga Sakura akan Ditanam di Pedestrian Menuju Bandara RHF

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Tim turun meninjau jalan menuju Bandara RHF. (Foto: istimewa).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Bunga Sakura rencananya akan menghiasi pedestrian jalan bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

Selian itu, bunga Tanjung dan pohon Pinang juga ikut di tanam di kawasan itu.

Hal itu menjadi instruksi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat turun langsung meninjau proyek pembangunan pedestrian dan penataan median jalan Bandara Raja Haji Fisabilillah, Selasa (8/11/2022).

Ia memerintahkan Dinas PUPR dan Kontraktor membuat lubang di sepanjang jalur pedestrian yang akan ditanami pohon-pohon itu.

Sekitar 40 pohon sakura dan 1.000 pohon pinang dan bunga tanjung akan ditanam di kiri dan kanan jalur pedestrian.

Saat ini bibit bunga sakura sudah disiapkan Dinas Pertanian Provinsi Kepri dan bibit pohon pinangnya sudah disiapkan Kwarda Pramuka Kepri.

“Kita lihat progres penataan jalan di depan bandara RHF ini sudah hampir rampung, untuk menambah keindahannya kita akan tanam bunga Sakura seperti di taman kota Kijang, kita tanam juga bunga Tanjung dan pohon Pinang secara berselang-seling sesuai nama Kota Tanjungpinang,” ujar Ansar.

Menurutnya, kecantikan bunga Sakura saat musim mekar akan membuat masyarakat semakin bersemangat menikmati pedestrian jalan sambil beraktivitas jalan sore atau bersepeda.

Hal serupa terlihat di taman Kota Kijang, dimana setiap kali bunga Sakura mekar, masyarakat berbondong-bondong datang dan berfoto di pohon Sakura tersebut.

Pedestrian dan media jalan Bandara RHF akan dilengkapi dengan ornamen Melayu seperti sculpture kapal lancang kuning dan sculpture tanjak.

Selain itu, juga akan dibuat nama-nama Kabupaten dan Kota di seluruh Kepri sebagai sarana edukasi bagi anak-anak kecil yang melintas.

“Yang terpenting setelah penataan ini selesai adalah perawatan dan kebersihannya, tenaga kebersihan harus dibinan betul-betul agar pedestrian bisa dinikmati masyarakat dengan nyaman. Masyarakat juga harus membantu menjaga kebersihan jalan ini,” tutur Ansar.

Sebelum meninjau jalan bandara RHF, Ansar terlebih dahulu mengunjungi Gedung PGRI Kepri di Senggarang, Tanjungpinang.

Ia melihat kemajuan renovasi dan pembangunan aula PGRI yang juga dikerjakan Pemerintah Provinsi Kepri. Ia menjelaskan gedung dan aula PGRI ini nantinya dapat digunakan sebagai tempat pelatihan bagi guru-guru di Kepri dan juga pusat kegiatan PGRI.

“Jika gedung PGRI bagus dapat menghasilkan manfaat untuk PGRI itu sendiri, karena gedungnya lengkap fasilitasnya. Kita ingin anak-anak Kepri cerdas, jadi guru-gurunya juga harus diperhatikan,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *