Tommy: Tanggap Bencana, Perlu Bangun Komunikasi

Dandim 0315/Tanjungpinang, Kolonel Inf Tommy Anderson memberikan pemaparan terkait pentingnya komunikasi tangani bencana. (Foto: istimewa).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Komandan Kodim (Dandim) 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf Tommy Anderson mengharapkan, terbangunnya komunikasi agar mudah berkoordinasi terkait menghadapi bencana di Tanjungpinang kedepannya.

Pihak Kodim 0315/Tanjungpinang melaksanakan penyuluhan menghadapi bencana, saat bencana dan pascabencana.

Kegiatan ini mengambil tema ‘Bersama TNI Membangun Bangsa’, bertempat di Aula Makodim 0315/Tanjungpinang Jalan Ahmad Yani Kota Tanjungpinang, Kamis (27/10/2022).

Dihadiri Anggota BPBD Tanjungpinang, DPKP Tanjungpinang, Basarnas Tanjungpinang, jajaran Bhabinkamtibmas, para Babinsa, Satpol PP Tanjungpinang, Tagana Tanjungpinang dan Pramuka Saka Wira Kartika.

Baca Juga :  Polres Tanjungpinang Turunkan 560 Personil Gabungan Amankan Demonstrasi Mahasiswa

Tommy menuturkan, program ini dilaksanakan upaya membantu pemerintah daerah meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

“Pada kegiatan ini diberikan edukasi kebencanaan kepada aparat penyelam bencana dan sangatlah penting untuk terus disosialisasikan kepada stakeholder. Maupun unsur komponen terkait agar dapat tercipta perpaduan yang tepat sehingga cepat saat penanggulangan bencana,” ucapnya.

Ia menuturkan, beberapa wilayah di Kodim 0315/Tanjungpinang dapat dibilang berpotensi atau rawan terjadi bencana alam terutama banjir.

Mereka pun menghadirkan beberapa sumber dari BPBD dan DPKP dalam kegiatan ini membantu secara teknis. Memberikan materi dan praktek terkait penanggulangan bencana alam.

Baca Juga :  Juramadi Tinjau Lokasi Karya Bhakti TNI-AD di Desa Kelumu

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini kita mengharapkan sinergi dan kolaborasi dengan unsur maupun komponen masyarakat lainnya dapat terbangun dan bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Selain itu, semua pihak dapat turut serta melakukan edukasi secara intensif kepada masyarakat. Salah satunya, sosialisasi menjaga lingkungan dan lainnya.

“Satuan teritorial TNI juga melakukan pemetaan terkait kerawanan bencana alam, sehingga diharapkan apabila terjadi bencana alam, masyarakat tidak panik dan sudah tahu apa yang harus diperbuat,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi Pemberian Materi dan Praktek pemadaman api yang diberikan DPKP Tanjungpinang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.