Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif, PT Timah Tbk Serahkan Bantuan ke Hasta Karya

Warga Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Suyoko menerima bantuan ekonomi kreatif dari PT Timah Tbk. (Foto: istimewa).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Industri kreatif terus berkembang dengan memiliki banyak peluang. Para pelaku industri kreatif harus didorong agar usahanya bisa berkembang.

Menyadari potensi pelaku industri kreatif di wilayah operasional perusahaan, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan bagi pelaku Industri Kreatif di Karimun, Suyuko, Senin (3/10/2022).

Warga Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun ini memanfaatkan bahan bekas seperti kayu palet dan tempurung kelapa untuk membuat berbagai produk kerajinan.

Suyoko mulai merintis usaha kerajinan Hasta Karya ini sejak tahun 2010 lalu dan masih terus berjalan hingga saat ini. Ia ingin mengembangkan usahanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Baca Juga :  Marlin Hadiri Roadshow Lingga-Batam Batik Foshion Week

Dari bahan-bahan bekas ini Suyoko membuat berbagai kerajinan seperti asbak,lampu hias kotak tisu dan lain-lain.

Dengan adanya bantuan dari PT Timah Suyoko menyampaikan dirinya sangat senang dan semakin bersemangat untuk dapat terus menghasilkan karya-karya yang lebih variatif dan kekinian.

Menurut Suyoko bantuan dari PT Timah akan ia gunakan untuk mengadakan peralatan-peralatan yang dibutuhkan seperti mesin pemotong kayu dan lain-lain. Selebihnya akan Ia gunakan untuk menambah bahan baku.

“Terima kasih PT Timah atas bantuan yang diberikan, saya merasa senang dan sangat terbantu. Bantuan ini akan digunakan untuk membeli peralatan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Mitra Binaan PT Timah Tbk Pasarkan Produk Sayuran Hingga ke Riau

Suyoko mengatakan, banyak barang hasil kerajinan dari Hasta Karya sudah laku terjual,namun masih sebatas lokal seperti Karimun Batam dan Tanjung Pinang, sehingga diharapkan nantinya apabila peralatan sudah lengkap serta memadai dapat memenuhi permintaan konsumen.

“Mudah mudahan dengan alat kita yang sudah memadai, dapat mengakomodir permintaan konsumen,” katanya.

Saat ini produk kerajinan buatan Suyoko ada yang diikut sertakan dalam pameran di Bali untuk mewakili Kabupaten Karimun.

Ia menyebutkan, saat menerima banyak pesanan biasanya dia ikut mempekerjakan para tetangga. Ia berharap, produk Hasta Karya mampu menembus pasar Internasional.

Baca Juga :  Kuatkan Pengawasan Selat Malaka, BC dan Kastam Diraja Malaysia Gelar Operasi Patkor Kastima ke-26

“Saya berharap kedepan ada kegiatan pameran di Kabupaten Karimun untuk mengenalkan produk-produk kerajinan yang ada di Kabupaten Karimun sehingga produk tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas dan produk kita juga mampu Go Internasional,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.