Pesisir Pantai Pongkar Dipenuhi Limbah Kertas

Gulungan tisu dan limbah kertas Cemari pantai Pongkar, Kecamatan Tebing. (Foto: Riandi/Radarsatu)

KARIMUN, RADARSATU.COM – Limbah kertas dan tisu mencemari keindahan pantai Pongkar yang terletak di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Limbah itu tampak berserakan di pesisir pantai dan mengotori air laut dibibir pantai tersebut, sehingga berwarna coklat.

Limbah kertas berserakan di tepi pantai Pongkar. (Foto: Riandi/Radarsatu)

Diketahui, limbah tersebut diduga berasal dari Kontainer yang diderek Tugboat Mega Daya 43/BG Marcopolo 188 yang nyaris tenggelam di Perairan Takong Hiyu, Karimun, Kepulauan Riau, Kamis 26 Mei 2022 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Desa Pongkar, Murhalim mengatakan, penemuan limbah itu pertama diketahui oleh warga pongkar pada Minggu (5/6/2022) lalu.

Baca Juga :  Himpunan Mahasiswa Kecamatan Durai Beri Sosialisasi Perguruan Tinggi ke Siswi SMA

“Kami mendapatkan laporan Minggu pagi bahwa ada sekitar 27 gulung kami temukan, tetapi sebagian ada hanyut kembali,” katanya, Rabu (8/6/2022).

Halim menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Camat Tebing dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karimun terkait perihal ini.

“Atas adanya limbah ini, kami sudah berkoordinasi dengan pihak Camat dan BPBD. Namun, hingga kini pihaknya masih menunggu tindak lanjut terkait solusi penanganannya,” jelasnya.

Halim menegaskan, adanya limbah ini sangat berdampak terhadap kebersihan pantai. Karena dampaknya air menjadi kotor dan bercampurbdengan serbuk- serbuk limbah kertas dan tisu tersebut,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.