Gapura ‘Tanjak’ Semarakan Ramadhan dan Idul Fitri di Kampung Melayu Seipanas

Penampakan Gapura hias 'Tanjak khas Melayu' di Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas, Kota Batam. (Foto: Istimewa).

BATAM, RADARSATU.COM – Gapura hias ‘Tanjak khas Melayu’ membuat suasana Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M semakin semarak di Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas, Kota Batam.

Gapura hias ini sudah menjadi agenda tahunan di Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas sejak dua tahun terakhir saat momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Tahun ini, Tanjak khas Melayu sengaja dipilih untuk memeriahkan momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri di Kampung Melayu Seipanas,” kata Pembina Pemuda Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas yang juga inisiator kegiatan, Muhammad Amin, Selasa (27/4/2022).

Baca Juga :  Iwan Kusmawan, Anak Pantai Wujudkan Prestasi
Masyarakat bersua foto di depan Gapura hias ‘Tanjak khas Melayu’ yang berada di Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas, Kota Batam. (Foto: Istimewa).

Tanjak adalah salah satu bagian yang tak bisa ditinggalkan di saat seseorang memakai pakaian tradisional Melayu Kepri. Bahkan saat ini, pada setiap kegiatan tanjak sudah menjadi ‘ikon’ dan menjadi souvernir yang diberikan kepada tetamu kehormatan di suatu acara.

“Kebetulan kami tinggal di Bumi Melayu, jadi sudah sejatinya kami wajib menjaga dan memperkenalkan budaya tradisional Melayu ini,” ujarnya.

Ketua Masjid Jami An-Nikmah, Samsul Bahri mengatakan, gapura hias ini merupakan inisiasi dari Pemuda Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas untuk memeriahkan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022.

Baca Juga :  Walikota Syahrul Menerima Kunjungan Pimpinan Umat Katolik

“Ini merupakan kegiatan positif dari pemuda di kampung kami dalam mengisi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri,” katanya.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh perangkat RW dan RT, masyarakat dan juga pengurus serta jamaah Masjid Jami An-Nikmah.

“Gapura hias ini sudah menjadi agenda tahunan di momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, dan insya Allah menjadi ‘ikon’ di Kampung Melayu Bukit Jodoh Seipanas,” ujarnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.