Bupati Lingga Serahkan 883 Sertifikat Tanah Gratis ke Masyarakat Singkep Pesisir

Bupati Lingga, Muhammad Nizar menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat pesisir. (Foto: istimewa).

LINGGA, RADARSATU.COM – Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyerahkan 883 sertifikat tanah untuk masyarakat di Kecamatan Singkep Pesisir.

Penyerahan itu dilakukan langsung oleh Bupati Lingga Muhammad Nizar didampingi Kepala BPN Kabupaten Lingga, Benny Rianti di Balai Desa Sedamai, Selasa (12/04/2022).

Muhammad Nizar menjelaskan, sertifikat yang dibagikan merupakan hasil dari program tahun 2021 yang baru dapat diserahkan kepada masyarakat pada April 2022 ini.

“Dengan rincian hak kepemilikan tanah meliputi masyarakat Desa Kote sebanyak 160 sertifikat, masyarakat Desa Lanjut sebanyak 300 sertifikat, Desa Sedamai ada 194 sertifikat, Desa Persing sebanyak 143 sertifikat serta Desa Berindat sebanyak 86 sertifikat,” jelasnya.

Baca Juga :  Polda Kepri Ungkap Sabu Seberat 100,56 Gram

Muhammad Nizar berharap kepada masyarakat penerima dapat memanfaatkan sertifikat tanah yang diterima sebaik dan semaksimal mungkin. Terutama dalam usaha-usaha peningkatan ekonomi.

Menurutnya, dengan adanya sertifikat nilai sewa atau jual tanah akan lebih meningkat. Dengan catatan tidak sembarangan menjual, tetapi diperhatikan kebermanfaatannya.

“Semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi masyarakat penerima. Dijaga dan jangan sampai hilang,” ujarnya.

Sejauh ini, progam sertifikat gratis atau redistribusi tanah ini, sudah menjadi bagian dari program strategis nasional dan bagian dari nawacita Presiden, untuk melegalitas atau memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, terkait hak kepemilikan atas tanah.

Baca Juga :  Meriahkan Smash Indonesia, Ketua Umum JMSI Ajak Ketua Limpol Ke Batam

Dengan terealisasinya pembagian sertifikat ini, tentunya bagian bukti bahwa koordinasi pemerintahan daerah dengan BPN Lingga, Kecamatan, Desa, dan masyarakat terbangun dengan baik.

“Ini merupakan bentuk koordinasi kita bersama sehingga penyerahan sertifikat tanah ini dapat terealisasi di Kabupaten Lingga khusus di Kecamatan Singkep Pesisir,” katanya.

Nizar turut mengapresiasi atas hasil ini kepada semua pihak yang terlibat, terutama kepada BPN Kabupaten Lingga dalam berjibaku, menyegerakan program redistribusi tanah ini secara gratis.

“Semoga kerjasama dan sinergitas dalam hal pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti ini, dapat terus terjalin dengan baik, untuk kedepannya,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.