Wabup Anambas Hadiri Pemasangan Terumbu Karang Buatan

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra melakukan sesi foto bersama sebelmum melakukan pemasangan terumbu karang buatan. (Foto: Gunawan).

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra menghadiri peninjauan pemasangan Terumbu Karang Buatan (Artificial Reef) yang dilaksanakan oleh HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas bersama Pemerintah Daerah KKA, Lanal Tarempa lokasi di Perairan Tanjung Pedas (Batu Losok), Desa Tarempa Barat Daya, Kecamatan Siantan, Kamis (31/3/2022).

Koordinator LKKPN Pekanbaru Wilker Anambas Ganang Wibisono mengatakan karang buatan ini banyak sekali manfaat bagi ekosistem laut seperti tempat tumbuhnya alga (lumut) sebagai tempat makanan bagi ikan atau biota laut.

Proses pemasangan terumbu karang buatan itu dilakukan selama 9 hari dengan 10 bangunan yang menyerupai bentuk apartemen ber jumlah 250 total bibit karang. Proses pemasangan itu juga melibatkan personel Lanal Tarempa, Polres Kepulauan Anambas, Pekanbaru Wilker Anambas, Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan KKA dan nelayan setempat.

Baca Juga :  Rombongan Safari Ramadhan Wabub Anambas Menyasar di Masjid Darul Iman

Wan Zuhendra selaku mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas mengucapkan terima kasih atas Kegiatan yang di laksanakan Oleh HNSI KKA bersama Instansi terkait dan Medco E&P Natuna Ltd dalam pembuatan terumbu karang buatan.

“Kami pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan mendukung atas terlaksananya pemasangan pembuatan terumbu karang buatan ini demi kelangsungan ekosistem laut,” ujarnya.

Kegiatan ini juga dilakukan langsung oleh peninjauan tim penyelam untuk memantau pemasangan terumbu karang buatan di bawah air yang dilepaskan langsung dari Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra.

Baca Juga :  Minggu, Plt Gubernur Kukuhkan Pengurus FPK dan FKDM

Kegiatan tersebut diikuti personel Polres Kepulauan Anambas, LKKPN Pekanbaru Satker Wilker Anambas, dan nelayan setempat yang disponsori langsung oleh Medco E&P Natuna Ltd.

Turut hadir dalam kegiatan ini Lanal Tarempa, Polres Kepulauan Anambas, Danramil 02/Tarempa, perwakilan Cabjari Natuna di Tarempa, Cabang Dinas DKP Kepri Anambas, LKKPN Pekanbaru Satker Wilker Anambas, Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan KKA, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KKA, dan Satwas SDKP KKA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.