Indeks

Gubernur Kepri membuka Kegiatan Musrembang RKPD di Anambas

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad melakukan foto bersama. (Foto: Gunawan).

ANAMBAS, RADARSATU.COM – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad membuka Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Kepulauan Anambas yang diselenggarakan di ruang rapat utama Prof. Dr. Muhamad Zen lantai III Kantor Bupati Pasir Peti dengan tema Pemulihan Ekonomi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan Pembangunan Infrastruktur, Senin (28/3/2022).

Kepala Badan Penelitian Pembangunan dan Perencanaan Daerah (Bappeda), Adies Saputra mengatakan, Musrenbang RKPD itu dilaksanakan sesuai dengan peraturan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Menteri Dalam Negri (Permendagri) Nomor 86 tahun 2017 tentang perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Bangunan Daerah.

“Musrenbang RKPD tahun 2023 dilaksanakan berjumlah 158 orang, keterangan 62 Hadir secara tatap muka, 96 melalui vidcon Ungkapnya,” kata Adiea Saputra.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Hasnidar mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2023 bedasrkan UU no 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Penyusunan Kerja Pemerintah Daerah SKPD yang menjadi Pedoman dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah APBD harus bedasarkan Musyawarah perencanaan Musrenbang.

“Musrenbang merupakan suatu forum konsultasi para pemangku Negeri, stakeholder untuk menghasilkan kesepakatan perencanaan pembangunan daerah dan di ikuti unsur oleh pemerintahan dengan mengikuti peserta kan partisipasi dari masyarakat,” ujarnya.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris juga menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 merupaka penyusunan dokumen rencana kerja daerah kabupaten Kepulauan Anambas sesuai dengan Undang-undang yang berlaku yaitu Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kemudian Permendagri no 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian Evaluasi.

Lebih lanjut Haris memaparkan pada prinsipnya Musrenbang bertujuan membahas Rancangan Kerja Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, Menyepakati Prioritas daerah, Menyepakati Program, Pagu Anggaran, Indikatif, Indikator dan target kinerja serta kasih penyarasan Program kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas Provinsi dan Klarifikasi Program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten Kepulauan Anambas dengan Program dan kegiatan desa dan di usulkan bedasarkan hasil Musrenbang kecamatan maupun desa.

“Isu strategis Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 yaitu, 1. Peningkatan Ekonomi berbasis Sektor Unggulan, 2. Peningkatan Daya Beli Masyarakat dan Efisiensi biaya Logistik Pembangunan, 3. Peningkatan  Kualitas Pendidikan dan Kesehatan, 4.Peningkatan Pengarus Utamaan Gender dan Pembangunan Kebudayaan, 5. Optimalisasi Infrastruktur Penunjang Perekonomian, 6. Disparitas Aksesibilitas dan Tranportasi Wilayah, 7. Optimalisasi Infrastruktur Dasar, 8. Peningkatan Kinerja Evaluasi dan Pengawasan Pemerintahan,” jelasnya.

Haris menambahkan, titik tekan akses antar desa Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi otomatis akan tumbuh, dengan Perumpaan Haris beliau mengatakan dalam perumpamaan antara sendok dan gerpu harus seiringan tidak mungkin sendok ada gerpunya tidak ada. Jika akses sudah hidup saya yakin pertumbuhan ekonomi akan tumbuh,kami juga minta dorongan kepada provinsi untuk meneruskan ke Pusat.

“Kami tidak putus-putus membantu masyarakat untuk beasiswa bahkan meningkatkan bidang pendidikanp di perguruan tinggi sesuai kebutuhan daerah antara lain, Kodektoran, juga ada di masukan ke pesantren, karena kedepannya Kepulauan Anambas akan lebih maju,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepulauan riau, Ansar Ahmad mengatakan, Musrenbang RKPD Kabupaten Kepulauan Anambas juga sudah masuk dalam 10 rencana pembangunan Provinsi Kepri sehingga mudahan segera tercapai untuk masyarakat Kepulauan Anambas.

Ansar mengatakan Kepulauan Riau punya rumah persinggahan Jakarta dan Batam, di Batam jika asyarakat Kepulauan Anambas mau berobat untuk akhir boleh dipakai rumah singgah Sekupang di Kantor Disnaker sekarang itu Aset Provinsi dengan dilengkapi Ambulance, dan sebagainya agar satu per satu masyarakat bisa terbantu.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Marlin Agustina. Staf Khusus Gubernur, Syarafudin Aluan, Nazarudin, Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Dr Andi Agung, Kadiskominfo Kepri, Hasan, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Azwandi, Kepala Biro Kesra, Ayub, FKPD, Sekretaris Daerah Anambas, Asisten, Staf ahli dan Kepala OPD, Kapolres, Danlanal Tarempa, Kacabjari Cabang Natuna, Kemenag Kepulauan Anambas, Ketua LAM beserta pengurus,Tokoh Politik, Para Camat Se-anambas, Kades/BPD Kepulauan Anambas, Tokoh Agama,Tokoh Pemuda Kaum Wanita dan Tokoh Masyarakat.

Exit mobile version