Presiden Jokowi Setujui Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad sedang memimpin video conference meeting travel bubble Batam Bintan - Singapura (BB-S) di Angsana Resort & SPA, Lagoi, Bintan, Jumat (21/1/2022).

BATAM,RADARSATU.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno memastikan jika travel bubble Batam, Bintan – Singapura (BB- S) akan segera dibuka dan telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

“Pembukaan akan dilakukan tanggal 24 Januari 2022, bersamaan dengan pengumuman resmi dari pemerintah,” katanya di Kampus Batam Tourism Polytecnic (BTP) Tiban Kota Batam, Jum’at (21/1/2022).

Menurut Sandiaga, pengumuman resmi oleh pemerintah sendiri  akan disampaikan langsung Menko Perekonomian Airlangga Hartato yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Masih kata Sandiaga, regulasi terkait teknis pelaksanaan arus kedatangan dan kepulangan wisatawan, akan terus dimatangkan dengan kementrian teknis dan pihak pihak terkait. Termasuk membicarakan dengan pemerintah negara Singapura.

Baca Juga :  Prajurit TNI AU Lanud RHF Tanjungpinang Raih Dua Medali Emas di Event KACC 2022

Tapi yang terpenting kedua wilayah yang akan dijadikan prototipe  travel bubble terbatas dan terkontrol sudah sangat siap dan mendukung. Termasuk persiapan teknis seperti  telah memiliki Lab Tes Cepat Molekuler (TCM) yang terkoneksi ke aplikasi PeduliLindungi.

“Saya yakin kedua tempat baik di Nongsa Pura dan juga Bintan Resort telah menyiapkan itu semua, termasuk  penerapan bluepass yang dipersiapkan untuk keperluan tracing,” jelasnya.

Sandiaga juga memuji keberadaan kampus BTP Kota Batam yang menurutnya menjadi perguruan tinggi pariwisata di Kepri yang harus bisa melahirkan insan insan pariwista yang handal dan profesional.

Baca Juga :  Kemenko Perekonomian RI Sosialisasikan PP Nomor 41 Tahun 2021, Ini Penjelasannya

Karena menurutnya, tantangan kepariwisataan kedepan tidak makin mudah. Kita dituntut harus makin cerdas melihat dan membuat terobosan dalam rangka memajukan dunia industri pariwisata khususnya di dalam negeri.

Kampus BTP masih kata Sandiaga, harus bisa menjadi agen perubahan, yang mana tidak hanya melulu  melahirkan SDM handal dalam pariwisata, tapi juga bisa melahirkan enterpreneur handal dimasa depan.

“Bahkan enterpreneur handal kita harus bisa berkarir dan mengembangkan usaha di luar negeri. Tentunya dengan berbagai peluang usaha menjanjikan, yang pada akhirnya membawa bangga Bangsa Indonesia,” harapnya.

Baca Juga :  Komisi VII DPR RI Disambut Muhammad Rudi Saat Lawatan ke Batam

Dalam kunjungan ke Kampus BTP, Sandiaga Uno bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyempatkan melihat secara langsung, ruang praktikum jurusan yang ada di kampus BTP. Mulai dari jurusan manajemen kamar, manajemen tata hidangan dan manajemen  kuliner.

Bahkan keduanya berkesempatan memcicipi dan menjajal minuman racikan mocktail non alkohol, piza dan jenis makanan dan minuman lainnya, karya mahasiswa/i BTP.

Seperti diketahui kampus BTP menawarkan  empat program study. Diantaranya program Manajemen Devisi Kamar, program Manajemen Kuliner, program Manajemen Tata Hidangan semuanya program study (D4)dan Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.