Daerah  

Pemkab Gesa Kuansing Ramah Anak

KUANSING, RADARSATU.com – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Kuantan Singingi menggelar penguatan jejaring antar lembaga penyedia layanan peningkatan kualitas hidup anak tahun 2021 di pendopo rumah dinas Bupati Kuansing, Kamis (9/12/2021).

Kegiatan ini untuk mempercepat Kuansing menuju Kabupaten Layak Anak.

Kabid Kelembagaan Tumbuh Kembang dan Pemenuhan Hak Anak Disdukcapil Riau Sri Gemala Riau mengatakan, dengan Kabupaten Layak Anak, pemerintah akan mengoptimalkan pemenuhan hak kesehatan dasar dan kesejahteraan anak.

“Mewujudkan pemenuhan hak sipil dan pengasuhan alternatif, memastikan terpenuhinya hak kesehatan dasar dan kesejahteraan anak, mengutamakan pemenuhan hak atas pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta memastikan pelayanan bagi anak yang memerlukan perlindungan khusus,” katanya, Jum’at (10/12/2021).

Adapun Kabupaten Layak Anak mempunyai kebijakan strategis seperti meningkatkan SDM dan penguatan peran kelembagaan pusat dan daerah.

Berdasarkan skor Kabupaten Layak Anak Provinsi Riau, Kuansing menjadi Kabupaten terendah dan belum mendapatkan peringkat.

“Mudah-mudahan tahun mendatang Kabupaten Kuansing masuk dalam daftar mendapatkan peringkat,” harapnya.

Kadisdukcapil Kuansing Reffendi Zukman memastikan pihaknya akan terus meregistrasi anak dan menerbitkan akte kelahiran yang kini sudah mencapai 89 persen.

“Kita jemput bola ke kecamatan dan desa, sementara di Kementrian Kuansing sudah mencapai target yang sudah di tentukan,” terangnya.

Dari 107.465 anak di Kuansing, 96.172 diantaranya sudah memiliki akte lahir. Sementara Kartu Identitas Anak (KIA) sudah 17.361 atau 17,49 persen.

Disdukcapil Kuansing pun akan terus gencar mengajak masyarakat untuk mengurus KIA anaknya.

“Pemerintah Kabupaten Kuansing khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil gencar mengajak masyarakat untuk membuat KIA.” tambahnya.

(Sartika)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *