Daerah  

Wabup Rohil Minta BMKG SSK II Pekanbaru Rutin Buka Sekolah Lapang Cuaca Nelayan

ROHIL, RADARSATU.com – Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman meminta agar sekolah lapang cuaca bagi nelayan yang digelar BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dilaksanakan secara rutin.

Menurut Sulaiman, sekolah lapang cuaca ini dapat menambah kemampuan nelayan di Rohil menganalisa kondisi cuaca sebelum melaut.

“Dengan adanya sekolah ini, yang mengikutinya ada penyuluh ada nelayan ada kelompok nelayan. Kita berharap ke depannya nelayan bisa menambah ilmu lagi,” katanya, Kamis (25/11/2021).

Sulaiman menerangkan, selama ini nelayan di Rohil hanya menggunakan ilmu turun-temurun dalam mengamati cuaca. Sehingga melalui kegiatan ini nelayan bisa membaca cuaca secara ilmiah dan ilmu yang tepat.

Baca Juga :  Gelar UKW Gratis, Dewan Pers Harapkan Wartawan Kompeten, Jambi Paten!

“Dengan adanya sekolah ini, ilmu yang didapat nanti bisa diaplikasikan, diamalkan dalam kehidupan sehari-hari nelayan,” tuturnya.

Ia pun berharap dengan bertambahnya pengetahuan nelayan akan berimbas pada meningkatnya ekonomi para nelayan.

“Biasa kita mencari ikan, dengan ilmu ini kita harapkan bukan lagi mencari tetapi menangkap ikan.” sebutnya.

Sementara itu Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru Ramlan mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu nelayan agar lebih aman berlayar dengan memahi cuaca serta membantu nelayan dalam mengetahui keberadaan ikan saat berada di laut.

Baca Juga :  HM Wardan Sambut Kunjungan Kepala Kaban Kesbangpol

“Sifatnya memberi informasi, karena BMKG mempunyai proyeksi bagimana arusnya, bagaimana gelombangnya, bagiaman daerah-daerah tangkapannya. Dinas perikan juga sebagai narasumber, dimana ikan-ikan yang lebih sering dan bagaimana tangkapannya,” papar Ramlan.

Ia mengatakan bhawa ada 55 peserta yang terdiri dari berbagai unsur diantaranya penyuluh nelayan, kelompok nelayan, TNI AL dan BPBD.

“Sehingga peserta bisa menjelaskan kepada masyarakat nelayan lainnya karena kalau diundang seluruhnya tidak memenuhi kuota,” pungkasnya.

(Anthony)
Editor: Nuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.