Daerah  

Kapolda Riau Terima Gelar Kehormatan Adat Datok Bandaro Alam

KUANSING, RADARSATU.COM – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi menerima gelar kehormatan adat sebagai Datok Bandaro Alam dari pemangku adat di Kabupaten Kuantan Singingi yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing, Kamis (18/11/2021).

Kapolda Riau tampak didampingi oleh Dirsamapta, Kabid Propam Polda Riau, Kapolres dan Wakapolres Kuansing, serta para Kabag, kasat, para perwira di jajarannya dan Forkopimda Kuansing.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah, para asisten, para Kabag dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kuansing.

Dalam sambutannya, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi menyampaikan ucapan terimakasihnya yang sebesar-besarnya kepada pemangku adat di Kabupaten Kuantan Singingi atas anugrah gelar kehormatan adat yang diterima olehnya.

“Ini merupakan kehormatan dan anugrah bagi saya. Insyaallah, saya akan jaga dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Baca Juga :  Maklumat Kapolri Tidak Membatasi Kebebasan Pers dan Kebebasan Berpendapat

Sementara itu, dihadapan para Datok-datok dan pemangku adat, Plt. Bupati Kuantan Singingi, Suhardiman Amby selaku Datuk Panglimo Dalam mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Riau di Kuantan Singingi negeri bermarwah Kuantan Singingi.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi di bumi pacu jalur negeri bermarwah Kuantan Singingi,” katanya.

Suhardiman juga menyampaikan bahwa Penebalan gelar kehormatan Adat Kuantan Singingi yang diberikan kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi ini berdasarkan musyawarah adat bersama para pemangku adat, terutama Datuk-Datuk yang berada di Rantau Kuantan dan Rantau Singingi se-Kabupaten Kuantan Singingi beberapa hari yang lalu.

Suhardiman menjelaskan, beberapa hal yang menjadi pertimbangan atas penebalan gelar kehormatan adat kepada Kapolda Riau adalah sebagai berikut, Pertama, berkat dukungan Polri Pilkada di Kuantan Singingi tahun 2020 dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif terlaksana dengan baik.

Baca Juga :  Operasi SAR H+12, Tambah 1 Material Pesawat

Kedua, berjasa dalam mengatasi ancaman kebakaran hutan dan lahan dengan membuka dasbor lancang kuning sebagai upaya mendeteksi dini terhadap ancaman Karhutla di Riau khususnya Kuantan Singingi.

Kemudian, untuk pertimbangan ketiga adalah atas dukungannya dan berjasa dalam komitmen melestarikan hutan dari kegiatan illegal loging demi kelestarian budaya pacu jalur dan usaha untuk antisipasi terhadap ancaman bencana alam di Kuantan Singingi.

Usai pengalungan selendang tanda penebalan gelar kehormatan adat dari pemangku adat Kuantan Singingi. Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi secara resmi kini telah menyandang gelar Kehormatan Datuk Bandaro Alam.

Baca Juga :  Wabup Kuansing Harap Produk Hukum Daerah Disusun Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia

Sementara itu, Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata, melalui Kasubag Humas AKP Tapip Usman juga turut mengucapkan terimakasih kepada para pemangku adat, terutama Datuk-Datuk atas penebalan gelar kehormatan adat yang diberikan kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi sebagai Datuk Bandaro Alam.

“Untuk mensukseskan tugas- tugas kepolisian dilapangan, peran para pemangku adat terutama Datuk-Datuk sangatlah penting. Terutama dalam menjaga Harkamtibmas di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

Penulis: Sartika Isniwati
Editor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.