Rohil  

Wakili Kodam Bukit Barisan, Kodim Rohil Ikuti Lomba Binter Tingkat Pusat

ROHIL,RADARSATU.com – Kodim 0321/ Rokan Hilir terpilih mewakili Kodam I/Bukit Barisan mengikuti lomba Binter tingkat pusat untuk Kodim tipe B.

Saat ini tim sedang melakukan penilaian dan diharapkan menjadi lokomotif dan percontohan bagi Kodim-Kodim lain.
Tim penilai terdiri dari, Kasubditbin Komsos dan Bakti TNI Kolonel Inf Pranito Dwinarwan, Kolonel Inf Joko Triyanto (Wakatim), Mayor Inf Muhammad Nuryadi, Kapten Inf Abdillah .

Ketua tim penilai, Kolonel Inf Pranito Dwinarwan menjelaskan lomba Binter tingkat Kodim ini dilaksanakan dua tahun sekali secara terpusat yang diselenggarakan oleh Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

“Tentunya Kodim Rohil ini mewakili Kodam I Bukit Barisan, yang disiapkan oleh Kodam I Bukit Barisan, dalam rangka lomba antar Kodim-Kodim yang lain, mereka dalam menyiapkan satuannya, baik kegiatan secara terprogram yang dilaksanakan, maupun non program,” jelasnya, Senin (9/8/2021).

Dikatakan Pranito, satuan yang akan bertanding merupakan satuan komando kewilayahan yang bisa diandalkan oleh Pemerintah Daerah setempat untuk berkontribusi kepada Pemda maupun masyarakat.

Dimasa pandemi ini tambahnya, sangat diharapkan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat khususnya Kepala Staf Angkatan Darat, keberadaan satuan-satuan Kowil sebagai insan teritorial harus bisa membantu masyarakat.

Pertama, tentunya Kodim diharapkannya bisa bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Polri untuk membantu korban-korban yang terpapar Covid-19, mereka harus bisa memberikan contoh kepada masyarakatnya, dan menyadarkan, bahwa protokol kesehatan ini, menjadi kebutuhan masyarakat saat ini.

“Itu yang dilaksanakan satuan-satuan Kowil, yang saat ini akan dilaksanakan, dilombakan, mudah-mudahan Kodim ini, Kodim Rohil, ya, bisa nantinya jadi lokomotif, menjadi contoh-contoh kodim yang lain, dalam perannya,” terangnya.

Selain Kodim Rohil, Kodim Tanjung Balai Karimun juga mengikuti lomba Binter ini.

Lebih rinci, lomba Binter Kodim dimasukkan dalam tiga klasifikasi. klasifikasi A yang dipimpin oleh kolonel berada di Kodim penyangga Ibu Kota di Jakarta, Kodim klasifikasi B di tingkat Provinsi, Kodim klasifikasi tipe C di tingkat Kabupaten-Kota.

Bersamaan dengan itu, Pranito juga mengadakan temu ramah dengan tokoh agama, masyarakat, OKP dan pers. Temu ramah menurutnya bagian dari koordinasi.

“Seperti yang saya sampaikan tadi, bagaimana FKUB dalam memelihara kerukunan antar umat beragama, mana kala itu tidak duduk bareng, itu tidak akan tercipta, tapi kalau kita mau duduk bareng, kita mau bicara bersama, sepertinya itu akan terwujud, kerukunan antar umat beragama, kerukunan antar golongan masyarakat, itu akan terwujud, kalau kita mau duduk bersama,” tambahnya.

Terakhir, Pranito juga menyerahkan bantuan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, OKP, pondok pesantren, pendeta, perwakilan masyarakat Tionghoa dan PWI Rohil.

(Anthony)

Editor : Patar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *