Indeks

Wagub Marlin Tutup Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kepri

Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina menyerahkan penghargaan kepada peserta yang telah meraih juara Lomba Inovasi TTG tingkat Provinsi Kepri, Kamis (17/6/2021).

TANJUNGPINANG,RADARSATU.COM – Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina menutup Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021, Kamis (17/6/2021). TTG Tingkat Provinsi Tahun 2021 tersebut diselenggarakan oleh Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan lomba TTG ini berlangsung sejak hari Selasa s.d Kamis tanggal 15 s.d 17 Juni 2021, dilaksanakan secara daring/virtual bagi peserta Kabupaten/Kota yang berada di luar wilayah pulau Bintan dan dilakukan secara langsung/tatap muka bagi Kabupaten/Kota yang berada di dalam wilayah pulau Bintan.

Adapun peserta lomba ini berasal dari usulan juara-juara dari tingkat Kabupaten/Kota, hasil seleksi Proposal TTG dari Kabupaten/Kota dan hasil seleksi proposal yang masuk pada Tim seleksi lomba tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang berjumlah 30 TTG.

Berdasarkan hasil dari penilaian Tim Penilai Lomba Inovasi TTG tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 yang terdiri dari 5 orang Tim Penilai (dari Pusat Pengembangan TTG LIPI, Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa Pembanguna Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, dari Politeknik Negeri Batam, dari UMRAH Tanjungpinang dan dari DPMD DUKCAPIL Provinsi Kepri) ditetapkanlah 6 produk TTG sebagai juara sebagaimana yang tertuang dalam Berita Acara Penilaian Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021, yang terdiri dari Juara I s.d Juara III dan Juara Harapan I s.d Juara Harapan III.

Juara I : Lindawani Siregar dengan judul TTG Setrika Wireless Bersuara untuk Penyandang Tunanetra (SweB-Tunanetra) dari Kota Batam mendapatkan hadiah sebesar Rp. 15.000.000 + Piagam dan Trofi.

Juara II : Altaf Haidar Ridwan dan Sandi Pamungkas dengan judul TTG Rainzer (Rain Hand Sanitizer) dari Kabupaten Natuna mendapatkan hadiah sebesar Rp. 13.000.000 + Piagam dan Trofi.

Juara III : Suryadi Lie dengan judul TTG Tong Ajaib + Maggot Versi 3 dari Kota Tanjungpinang mendapatkan hadiah sebesar Rp. 10.500.000 + Piagam dan Trofi.

Harapan I : Awanda Diky Saputra dan Fauziah dengan judul TTG Pemanfaatan Limbah Sagu dalam pembuatan deterjen cair dan produk turunannya
Mendapatkan hadiah sebesar Rp. 7.500.000 + Piagam dan Trofi.

Harapan II : Rahmat Hidayat dengan judul TTG Budidaya Maggot Berbasis Sistem Pertanian dan Peternakan Terpadu Desa Teluk Bakau mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5.500.000 + Piagam dan Trofi.

Harapan III : Muhammad Faisal Abduh dengan judul TTG Penyiram Tanaman Berbasis Internet of Thing (IOT) dan Smartphone mendapatkan hadiah sebesar Rp. 3.500.000 + Piagam dan Trofi;

Setelah pengumuman pemenang, selanjutnya dilakukan penyerahan hadiah dan piala kepada para pemenang, untuk peserta dari Kabupaten/Kota yang menang lomba Inovasi ttg penyerahan hadiah dan trofi di wakili oleh Dinas Pmd Provinsi. sedangkan penyerahan piagam para pemenang akan diserahkan oleh Gubernur Kepulauan Riau pada HUT Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021.

Dengan dihasilkannya juara-juara Lomba Inovasi TTG tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 ini, diharapkan inovasi inovasi TTG ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan dapat meningkatkan nilai suatu produk baik dari segi kuantitas maupun kualitas guna menggerakan ekonomi masyarakat terlebih lagi dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Disisi lain inovasi TTG dari Provinsi Kepulaun Riau ini juga nantinya diharapkan mampu bersaing di Tingkat Nasional/Pusat melalui Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (GTTGN) yang merupakan sebuah rangkaian lomba yang telah dilakukan dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi, selain itu juga nantinya mampu bersaing di tingkat Internasional.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepulauan Riau berencana untuk menjadikan salah sebagian TTG yang meraih prestasi dan yang telah dimafaatkan oleh masyarakat dapat dijadikan sebagai pilot project pemanfaatan dan pengembangan replikasi inovasi TTG untuk dikembangkan di daerah Provinsi Kepulauan Riau.

(Vi)

Exit mobile version