Opini  

Refleksi 5 Tahun HMKD

Oleh : Miki Wahyudi Alamsyah
Ketua Umum HMKD Periode 2017-2018

(Tanjungpinang 04 Mei 2016)
(Tanjungpinang-Bintan 04 Mei 2021)

Pada 04 Mei 2021 Himpunan Mahasiswa Kecamatan Durai (HMKD) memperingati hari kelahirannya yang ke-5.

Organisasi kemahasiswaan ini lahir di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau kota Tanjungpinang pada 04 Mei 2016 atas pemrakarsa putra putri terbaik daerah yang sedang mengeyam pendidikan tinggi di Tanjungpinang

Dalam usianya yang sudah mencapai 5 Tahun dan masih kita anggap muda, HMKD telah cukup matang untuk pergerakan kemahasiswaan. Apa yang menarik dari HMKD saat ini?

Pertanyaan demikian jarang mengemuka setiap ulang tahun HMKD karena sejauh ini perjuangan dan perkembangan di Himpunan sudah sangat luar biasa hingga mampu tampil di berbagai musyawarah daerah menyuarakan hak² masyarakat hanya saja belum direalisasikan secara keseluruhan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga :  Pemulihan Ekonomi Kepri di Tengah Kenaikan Harga BBM

Sebagai Ketua Umum Periode 2017-2018 organisasi HMKD di Tanjungpinang, saya turut berbangga atas apa yang sudah di perjuangkan Himpunan saat Ini.

Namun seiring berjalan waktu nanti sebagai organisasi yang mempunyai peran agen of control kita juga harus bisa Instrospeksi dan menjadi keharusan bahwa memang ada yang harus diubah dan ada yang harus di kembangkan dari periode ke periode agar menjadi lebih baik Himpunan ini, mulai substansi dan mekanisme perekrutan anggota baru yang masih mengenyam di Sekolah Menengah Atas yang hanya ada satu² nya di Kecamatan Durai, hingga hal teknis manajemen penyelenggaraan Musyawarah Besar yang antisipatif terhadap para penggembira. Maka, tak hanya soal teknis dan metodologis saja perbaikannya, juga merambah ke substansi Latihan Kepemimpinan yang tak menjadi begitu prioritas agar menumbuhkan semangat juang akan kualitas diri generasi penerus HMKD Tanjungpinang Bintan
yang direlevansikan dengan zaman kita saat ini..

Baca Juga :  Mentalitas Sepeda

Kemudian sangat diperlukan bagi generasi penerus adalah perbaikan metodologi dan pengembangannya yang selaras dengan tantangan zaman.

Dalam konteks perjalanan kehidupan bangsa khusus daerah Kabupaten Karimun dan Kecamatan Durai, HMKD kedepannya harus turut mewarnai sejarah.

Organisasi HMKD harus terus berjalan, karena semakin hari semakin bertambah alumninya maka semakin banyak yang akan memotivasi agar HMKD tetap eksis demi kepentingan hak² masyarakat Kecamatan durai di Kabupaten hingga Provinsi Kepulauan Riau sehingga kedepan HMKD dapat bergerak di berbagai bidang.

Baca Juga :  Munculnya Kasus Varian Omicron di Indonesia

Berbagai fakta dan proses sejarah di mana setiap Pengurus di HMKD Tanjungpinang Binta punya peran dan cerita masing-masing. Namun, tidak mengurangi rasa cinta Himpunan dan senantiasa mengedepankan Persaudaraan.

Organisasi HMKD masih eksis dan berkembang hingga kini dan seterusnya di tengah-tengah banyaknya pilihan mahasiswa antara kuliah+berorganisasi atau Hanya Kuliah saja tanpa memikirkan yang lain.
Saya yakin bahwa HMKD punya kelebihan tersendiri hingga mampu bertahan hingga saat ini, Ia punya modal sejarah dan kekuatan senior.

Semoga, hari-hari ini dan ke depan, HMKD mampu memperbaiki diri dari kesalahan² masa lalu dan lebih mampu berperan strategis dalam menyumbangkan ide² pembangunan daerah dari kepemudaan, kemahasiswaan, keumatan demi cemerlang nya masa depan daerah
Happy Milad HMKD

#5TahunBerkiprahMenjagaMarwahmengabdiUntukDaerah
#MWA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.