Inilah Makanan Untuk Penderita Jantung Bengkak

Sumber Foto : Alodokter

JAKARTA, RADARSATU.COM – – Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan kondisi jantung bengkak menjadi lebih buruk. Untuk itu, pilihan makanan untuk penderita jantung bengkak tidak boleh sembarangan. Mau tahu makanan apa saja yang baik untuk penderita jantung bengkak, simak penjelasan berikut ini.

Jantung bengkak atau kardiomegali umumnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau penyakit jantung koroner. Pada kondisi ini, jantung tidak lagi dapat memompa darah dengan baik. Akibatnya, sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan banyak cairan yang tertahan di dalam tubuh.

Daftar Makanan untuk Penderita Jantung Bengkak

Makanan yang baik untuk penderita jantung bengkak pada dasarnya adalah makanan yang memiliki kadar garam rendah. Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi ini, Anda disarankan untuk menjalani diet rendah garam.

Garam adalah mineral yang ditemukan secara alami dalam makanan. Garam memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Namun, jika konsumsinya berlebihan, garam dapat menahan lebih banyak cairan di dalam tubuh sehingga menaikkan tekanan darah dan memperparah kondisi jantung bengkak.

Makanan untuk penderita jantung bengkak disarankan mengandung garam tidak lebih dari 1.500 mg (½ sendok teh) per hari. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan gejala penyakit yang Anda alami dan mencegah timbulnya masalah lebih lanjut pada jantung.

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita jantung bengkak yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung sedikit garam:

1. Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan, seperti mentimun, selada, alpukat, seledri, apel, jeruk, pisang, adalah jenis makanan yang baik bagi penderita jantung bengkak. Beberapa buah bahkan berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Utamakanlah membeli sayur dan buah yang segar dibandingkan yang dibekukan.

2. Daging

Daging yang diolah dan dimasak sendiri, seperti ikan, ayam, atau sapi, juga baik untuk penderita jantung bengkak. Belilah daging yang masih mentah dan segar. Telitilah jika Anda membeli daging kemasan dari supermarket karena biasanya ada daging yang sudah ditambahkan garam sebagai bagian dari proses pengemasannya.

Untuk mengantisipasinya, baca terlebih dahulu label informasi gizinya. Jika kadar garamnya kurang dari 5%, daging tersebut aman untuk dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak.

3. Sereal

Sereal seperti oatmeal adalah salah satu pilihan makanan sehat bagi penderita jantung bengkak, sebab makanan yang satu ini tidak mengandung banyak garam dan tinggi serat. Pilihlah jenis oatmeal tawar dan sajikan dengan buah atau kacang-kacangan.

4. Produk olahan susu

Produk olahan susu yang alami, seperti susu dan yogurt, biasanya mengandung sedikit garam sehingga bisa dikonsumsi dengan aman. Namun, berhati-hatilah dalam memilih produk olahan susu seperti keju dan butter. Pilihlah produk yang kadar garamnya rendah atau kurang dari 5%.

Selain tepat, bahan makanan yang dipilih juga harus segar. Saat mengolahnya, kurangi tambahan garam dan penyedap rasa. Jauhi pula makanan kaleng atau olahan karena makanan jenis tersebut memiliki kadar garam yang tinggi.

Dengan membatasi asupan garam, Anda dapat mengurangi jumlah cairan yang tertahan ditubuh, sehingga tekanan darah tetap terjaga dan beban kerja jantung berkurang.

Selain itu, penderita jantung bengkak disarankan untuk membatasi asupan cairan hingga maksimal 1,5 liter per hari. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui berapa jumlah cairan yang harus Anda cukupi setiap harinya.

Pola Hidup Sehat untuk Penderita Jantung Bengkak

Di samping mengonsumsi makanan untuk penderita jantung bengkak, Anda juga disarankan untuk menjalani pola hidup sehat agar kesehatan jantung Anda senantiasa terjaga. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan:

 1. Olahraga rutin

Olahraga ringan, seperti berjalan pagi, jogging, berenang, dan bersepeda, jika dilakukan secara rutin selama 30 menit setiap harinya, dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah perburukan kondisi jantung bengkak.

2. Konsumsi makanan kaya serat

Mengonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran, kacang-kacangan, serta buah segar, dapat menyehatkan saluran cerna dan mencegah kadar gula darah dan kolesterol tinggi yang dapat memperburuk kondisi jantung bengkak. Konsumsilah setidaknya 25–35 gram serat setiap harinya.

3. Jauhi minuman beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat memengaruhi detak jantung Anda dan memperparah kondisi jantung bengkak. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol.

4. Jaga berat badan

Jika memiliki berat badan berlebih, Anda disarankan untuk menurunkannya, sebab menjaga berat badan ideal dapat mencegah perburukan kondisi jantung bengkak. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan diet yang baik untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, jangan lupa memeriksakan kondisi Anda secara berkala ke dokter jantung. Pastikan pula Anda mengonsumsi obat-obatan yang diberikan secara teratur. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait makanan untuk penderita jantung bengkak, berkonsultasilah kepada dokter gizi untuk mendapat rencana diet yang sesuai dengan kondisi Anda. (*)

 

Sumber: Alodokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *