Opini  

Pemilih Milenial Cerdas,Kepala Daerah Berkualitas

Oleh : Rimbun Purba
Kordinator wilayah XIIl
Ketum Himpunan Mahasiswa Sumatra Utara kepri 2O17-2O19.

Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, pada Jumat tanggal 04 September 2020, secara resmi mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Provinsi Kepulauan Riau, Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang. Para milenial sangat mempunyai peranan vital dalam menentukan pemimpin kepri 5 tahun kedepan,karena pemilih cerdas akan Menghasilkan gubernur kepri yang berkualitas. Bagaimana caranya jadi pemilih cerdas?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilih pemula agar menjadi pemilih cerdas.

Pertama, pemilih milenial harus dengan baik mengenal calon Gubernur dan Wakil gubernur. Lihat dan pelajari rekam jejak tiap-tiap calon yang akan dipilih. Generasi milenial atau pemilih pemula penting sekali mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang calon, bahkan sampai kehidupan keluarga para calon.

Kedua, baca informasi seputar pemilu dan para kandidat. Namun, sebisa mungkin cari informasi yang valid dari sumber terpercaya, sehingga terhindar dari informasi bohong (hoax). Teliti sumber informasi dan penyebar informasinya, apakah dari pihak yang memiliki kredibilitas atau tidak. Lalu, telaah isi informasinya. Informasi valid dan dipastikan tidak mengandung konten provokatif. Hindari juga menyebarluaskan informasi yang tidak benar (hoax) kepada orang lain, karena ada UU IT dan ada sanksinya pidananya.

Ketiga pilihlah calon karena prestasi bukan karena pendekatan suku, agama,dan ras. Marilah kita para generasi milenial ikut turut aktif mensukseskan pesta demokrasi dengan memegang teguh prinsip-prinsip demokrasi.

Keempat menolak politik uang (money politik) karena itu merusak mental,dan budaya bahkan cenderung menghasilkan kepala daerah yang koruptif.
Marilah kita para generasi milenial ikut turut aktif mensukseskan pesta demokrasi dengan memegang teguh prinsip-prinsip demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *