Bupati Buka Penanaman Padi Perdana di Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan

Rokan Hilir Radarsatu – Penanaman Padi dalam rangka Program Ketahanan Pangan Pemda Kabupaten Rohil dan Kodim 0321/Rohil dalam Hadapi Pandemi Covid- 19 berlangsung di kantor kepenghuluan Rokan Baru Pesisir kecamatan Pekaitan, Senin (08/06/2020). Hadir saat itu Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno, ketua DPRD Rohil diwakili anggota DPRD Krismanto, Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rachman Wahyudi, SIP,MPol, yang mewakili Kajari Rohil, yang mewakili Kapolres Rohil tampak Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais,SH, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para penghulu dan masyarakat.

“Hari ini kita menanam padi secara bersama-sama,”tutur H.Suyatno.

Dikatakannya, tentang keluhan masyarakat di seputaran N15 programnya sudah ada namun karena kondisi Covid 19 dimana 340 M ke pemerintah pusat maka akhirnya program tersebut sedikit tertunda.

“Karena semua mata anggaran oleh pemerintah pusat harus di geser. Misalnya program N15 angkanya 2 M maka terjadi pengurangan angka. Nah untuk menyusun sebanyak 340 M itu (pengurangan dana 340 M,red) kita jadi kalang kabut. Hal ini gara-gara Covid 19. Insha Allah N15 biarpun kita bongkar hanya sejengkal dengan dana yang ada akan di kerjakan,”tuturnya.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di Rohil mengapresiasi kecamatan Pekaitan dalam penanganan Covid 19.

“Pekaitan memang hebat saat penanganan Covid 19. Saya memberikan apresiasi kepada camat, Upika, petugas kesehatan dan semua komponen masyarakat,”katanya.

Dia mengatakan hanya satu yang dia tidak terima kemaren ada kejadian ketika hendak di cek suhu badan kabur lari. Bahkan melawan kepada petugas. Kejadian inilah yang perlu di jelaskan bahwa pengecekan tersebut demi kebaikan bersama.

“Kenapa takut kepada TNI Polri yang hanya meng cek suhu badan,”ujarnya.

Sedangkan mengenai jalan yang sudah dikerjakan 5 km sementara jalan tersebut 17 km maka dikatakan bupati pada tahun ini ditambah lagi. Sehingga pembangunan berjalan secara pelan pelan.

Dikatakannya, bahwa segala program yang mementingkan kehidupan masyarakat dirinya akan dorong. Seperti program ketahanan pangan yang di canangkan oleh Dandim 0321 Rohil ini. Dirinya akan mengapresiasi kegiatan tersebut, apalagi kecamatan Pekaitan merupakan sentral pertanian di antara 18 kecamatan di kabupaten Rokan Hilir.

“Dari 18 kecamatan di kabupaten Rokan Hilir, kecamatan Pekaitan merupakan salah satu sentral pertanian untuk kita kembangkan,”ujarnya.

Bupati mengapresiasi TNI bersama PPL, DKPP Rohil bersama masyarakat memberdayakan lahan yang selama ini belum digarap untuk dikembangkan sebagai lahan pertanian.

“Lahan yang belum digarap silahkan saja di garap mau menanam kedelai, padi, jagung dan lainnya. Tentunya pemerintah tidak tinggal diam. Kita dorong terus,”katanya.

Meski pun jadwal dirinya padat hari ini. Namun karena dia tahu kondisi masyarakat Pekaitan maka dirinya menyempatkan diri untuk hadir di Pekaitan.

“Masyarakat Pekaitan ini kompak. Meskinpun ada juga yang dogil namun tidak banyaklah, hanya satu dua saja,”ujarnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan masyarakat yang semula lahan tidak efektif menjadi efektif, lahan yang semula belum diolah bisa diolah dengan hasil yang sangat memuaskan.

“Kemaren di Kubu menanam jagung. Itu luar biasa,”pungkasnya. (Anthony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *