Bandara RHA Karimun Kembali Buka Rute Penerbangan Karimun-Dabo

KARIMUN – Setelah dihentikan sementara, akhirnya Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun kembali melayani penerbangan rute Karimun-Dabo Singkep, Sabtu (16/5/2020).

Sebelumnya, penerbangan rute Karimun-Dabo tersebut dihentikan sementara setelah adanya penerbitan tentang larangan mudik dan aturan Menhub terkait layanan transportasi saat pandemi Covid-19.

“Ya mulai hari ini, Bandara RHA Karimun membuka kembali penerbangan rute Karimun-Dabo. Tadi kita sudah melakukan pengecekan kepada para calon penumpang.

“Penumpang diharuskan melengkapi hasil rapid tes yang menyatakan nonreaktif Covid-19, Surat Kesehatan, menjalani pemeriksaan kesehatan secara langsung dan dilengkapi dengan riwayat perjalanan,” kata Kepala Bandara RHA Karimun Fanani Zuhri.

Fanani menjelaskan, kebijakan ini dilakukan setelah maskapai Susi air mengkonfirmasi kepada pemerintah mengenai status daerah Kabupaten Karimun saat ini terkait Covid-19.

“Dibukanya kembali penerbangan ini setelah Kabupaten Karimun dinyatakan zona kuning, sehingga masih bisa dilaksanakan penerbangan dengan beberapa ketentuan dan syarat,” jelasnya.

Fanani mengatakan, sementara itu, untuk rute penerbangan Karimun-Pekanbaru masih dilakukan pemberhentian sementara dikarenakan Kota Pekanbaru merupakan PSBB dan dinyatakan zona merah.

“Untuk rute penerbangan Karimun-Pekanbaru dan sebaliknya saat ini masih dilakukan penghentian sementara mengingat daerah tujuan masih memberlakukan status PSBB, zona merah,” ujarnya.

Fanani menambahkan, sejak dibukanya rute tersebut, untuk hari pertama dari hasil pemeriksaan Satgas udara tercatat ada sebanyak 7 orang penumpang naik dan 2 orang penumpang turun semua dinyatakan nonreaktif Covid-19.

“Semua penumpang dinyatakan lengkap dan nonreaktif, beberapa penumpang pulang karena orang tua sakit, selesai melaksanakan cuti, dan kembali ke Karimun untuk bekerja,” tambahnya. (Riandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *