Penutupan Tempat Hiburan Malam di Tanjungpinang diperpanjang Hingga 5 Mei 2020

TANJUNGPINANG– Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau memperpanjang masa penutupan kegiatan operasional tempat hiburan malam (THM) guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona atau COVID-19.

“Perpanjangan penutupan dilakukan selama 14 hari ke depan, mulai 22 April hingga 5 Mei 2020,” kata Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, Rabu.

Menurut Rahma, Pemkot Tanjungpinang sudah membuat Surat Edaran (SE) Nomor 629/566/1/2020 tentang Perpanjangan Masa Pengaturan Penyelenggaraan Kegiatan Operasional Tempat Usaha dan Kegiatan Sosial Masyarakat Tertentu dalam Upaya Kewaspadaan Terhadap Penularan Infeksi COVID-19 di Kota Tanjungpinang.

SE yang baru ini, kata Rahma, merupakan tindak lanjut atas SE sebelumnya Nomor 4432/400/1/2020 dan SE Nomor 443.2/566/1/2020 bahwa tempat usaha yang wajib tutup yakni, tempat hiburan malam seperti pub, diskotek.

Kemudian, live musik dan sejenisnya warnet, tempat olahraga, karaoke, griya pijat, spa, bioskop, billiard, arena permainan ketangkasan, tempat permainan, rekreasi, taman hiburan, dan kolam renang.

Juga pengaturan untuk pemilik usaha kedai kopi/cafee/rumah makan/restoran/pusat kuliner pujasera yaitu tidak diperbolehkan menyediakan meja dan tempat duduk untuk pembeli dan pelanggan dan melarang pembeli makan di tempat penjualan.

“Hanya diperkenankan pembelian secara online atau membeli bungkus bawa pulang (take away),” sebit Rahma.

Selain itu, lanjut dia, pemilik toko atau swalayan diminta untuk mengatur jarak antrian di kasir/pembayaran, menyediakan hand sanitizer/tempat cuci tangan, mewajibkan pelayan/kasir/karyawan memakai masker.

Rahma turut mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat meminimalisir aktifitas di luar rumah. Bagi yang berkepentingan mendesak yang mengharuskan berada di luar rumah diwajibkan menggunakan masker tanpa terkecuali.

Untuk pencegahan, warga disarankan berkoordinasi dengan instansi terkait yang memiliki kewenangan terhadap kesehatan dan melaporkan informasi penderita kepada Dinas Kesehatan melalui nomor telepon hotline COVID-19 Tanjungpinang (0823 8712 6255).

“Mari bersama-sama memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” ucap Rahma.

Penulis: Mn
Editor: Taufik. K

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *