Bupati Rohil Resmikan dua UPTD Puskesmas, Kemenkes RI Akui Fasilitas Gedung Terbaik di Indonesia

BAGANSIAPIAPI– Bupati Rokan Hilir, H Suyatno meresmikan UPTD Puskesmas Bagan Punak Meranti dan UPTD Puskesmas Rimbo Melintang secara simbolis di Batu Enam Bagansiapiapi, Kamis (06/2/20).

Peresmian dua Puskesmas itu dihadiri Direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni, ketua DPRD Rohil, Maston dan anggota DPRD Rohil lainnya, forkopimda, kadinkes Riau yang diwakili Kabid fasyankes Riau Yohannes, kediskes Rohil Hj.Dahniar, ketua Lam Riau Rohil Rashid Abisar, pejabat pimpinan tinggi Pratama OPD dilingkungan Pemda Rokan Hilir camat, puskesmas, seluruh kepala Puskesmas Rohil, anggota IDI Rohil, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan sejumlah petugas dua Puskesmas yang diresmikan.

Dalam sambutannya, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Kemenkes RI, dr Andi Saguni mengatakan bahwa puskesmas Bagan Punak di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ini merupakan puskesmas terbaik di Indonesia.

“Saya sudah pengalaman lihat pembangunan-pembangunan puskesmas seluruh Indonesia. Saya bisa lihat detail dan ini di samping megah memang mutu kualitas bangunannya itu bagus. Menurut saya puskesmas yang dibangun di Rokan Hilir salah satu puskesmas yang terbaik di Indonesia,”puji dr.Andi usai peresmian Puskesmas

Lanjut dia, pembangunan puskesmas di Rokan Hilir dibandingkan dengan puskesmas di jakarta walaupun tiga lantai dan lain sebagainya untuk bangunan Puskesmas Bagan Punak ini lebih cantik dan indah.

“Memang luar biasa bagus, memang termegah dan juga luas,”tandasnya.

Sementara itu, Bupati kabupaten Rohil H.Suyatno mengharapkan kepada kepala puskesmas Bagan Punak agar selalu memperhatikan kondisi bangunan dan kebersihan Puskesmas yang sudah di bangun megah dan bagus oleh pemerintah melalui dana DAK Afirmasi APBN tahun 2019 dengan anggaran sebesar 5,5 milyar rupiah.

“Bangunan dan kebersihan Puskesmas ini hendaknya selalu dijaga, maka saya minta kepada kepala puskesmas nya untuk memperhatikan gedung ini. Dan jangan gefungnya megah tapi pelayanan kesehatan ke masyarakat kurang,”ujar nya.

Ditegaskan Bupati Rohil, Pemerintah daerah akan terus berupaya untuk meningkatkan SDM bidang kesehatan dengan memberi peluang terhadap petugas kesehatan tamatan D3 untuk sekolah meningkatkan ilmunya kejenjang S1.

“Dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat Pemda Rohil tidak tinggal diam. Pelayanan kesehatan itu sangat penting dan menjadi hal prioritas utama, begitu juga di bidang pendidikan dan infrastruktur lainnya terus diperhatikan. program-program ini merupakan skala prioritas, termasuk sumber daya manusia. Mudah-mudahan apa yang ditegaskan oleh direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni tadi akan membawa dampak yang baik bagi daerah kita ini,” kata H Suyatno.

Pada kesempatan yang sama, Kadiskes Rohil Hj Dahniar menerangkan bahwa, dalam upaya mewujudkan pembangunan Puskesmas Bagan Punak dan Puskesmas Rimba Melintang tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan keseriusan Pemda Rohil dalam memperjuangkan pembangunan puskesmas.(ADV/Anthony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *