Soal ODP di Batam, Kadinkes Kepri Tegaskan Warga Tetap di Rumah

BATAM– Terkait Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona COVID-19 di Kota Batam yang terus mengalami peningkatan drastis, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana menyebut mereka adalah orang yang memiliki kontak erat dengan covid19 positif, dan atau memiliki riwayat perjalanan dari wilayah terjangkit.

“Sesungguhnya semakin besar ODP, maka semakin banyak yang dikarantina baik secara mandiri di rumah maupun ditempat penampungan yang disediakan pemerintah,” ujar Tjetjep Yudiana, Jumat (27/3/20) pagi.

Sehingga, lanjut Tjetjep, semakin banyak ODP, peluang untuk memutus rantai penularan akan semakin baik.

Menurut Tjetjep, saat ini semua sudah berada dalam wilayah terjangkit. Jika ingin segera menghentikannya, maka tinggal di rumah sebagaimana yang dilakukan oleh ODP, adalah cara yang paling ampuh.

“Hindari keluar rumah, kecuali untuk keperluan mendesak, dan gunakanlah masker. jangan lupa cuci tangan pakai sambun, karena kemungkinan kita telah menyentuh berbagai benda yang telah terpapar virus,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menjelaskan kondisi terkini Kota Batam terkait COVID-19. Rudi memperkirakan dari 2.063 orang tersebut, seperempat diantaranya sudah ada gejala.

Penulis: TF
Editor: Taufik. K

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *