Disdik Rohil Pastikan Siap Gelar UNBK SD dan MI

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Suwarno

Rokan Hilir — Dinas Pendidikan Rokan Hilir menyatakan siap mensukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tanggal 20 April 2020 mendatang.

Menurut kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Suwarno, dalam waktu dekat pihaknya melaksanakan Sosialisasi Persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Sekolah Tingkat SD/MI tahun pelajaran 2019/2020.

“Melihat Pelaksanaan ujian Nasional menurut kalender pendidikan 2019-2020 Sesuai jadwal sementara, Pelaksanaan ujian USBN SD/MI tersebut dilaksanakan tanggal 20-22 April dan semestinya paling lambat Bulan Februari Naskah Sudah harus kami siapkan,” kata Uwarno.

Saat ditanya soal tahapan, Suwarno menjelaskan pada tahun 2019 lalu, sebelum memasuki ujian, pihaknya terlebih dahulu membuat naskah merumuskan pembuatan soal ujian dari guru-guru yang berprestasi dari kecamatan.

Oleh karena itu, lanjut Suwarno, pihak dinas juga minta masukan kepada pengawas dan korwil untuk mendatangkan guru-guru tersebut.

“Untuk tahun ini Dinas pendidikan Rohil, akan Mempersiapkan soal Pertengahan Bulan Februari Nanti Bersama guru profesional yang berprestasi, Naskah sudah harus kami siapkan, Setelah kami Susun soal, dirumuskan Baru akan kami lelang pengadaan soal ujian tersebut, itu paling cepat memakan waktu sekitar 45 Hari kalender,” sebut Suwarno.

Sedangkan bagi sekolah-sekokah yang jaraknya jauh, Suwarno susah berkoordinasi untuk dibantu dan dijemput oleh koordinator wilayah (KORWIL).

“Dalam meningkatkan mutu pendidikan, berharap kepada para Tenaga Pendidik dan Kependidikan hendaknya memberi bimbingan intensif untuk pendalaman materi setiap mata pelajaran yang di UN-kan dan memberikan materi yang berhubungan dengan kisi-kisi Soal ujian, sehingga kesiapan peserta didik dalam menghadapi ujian terus meningkat,” pungkasnya. (Alek)

Editor: Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *