Sunset Swim Classic Awali Keseruan Bintan Triathlon 2019

BINTAN – Rangkaian event sport tourism Bintan Triathlon 2019 telah dimulai, Jumat (7/6). Sebagai pembuka even utama Bintan Triathlon digelar Sunset Swim Classic di pantai Bintan Lagoon Resort, Sabtu (8/6/2019).

Sunset Swim Classic adalah lomba renang di laut. Jarak yang ditempuh sepanjang 1000 meter. Meski harus berlomba menjadi yang tercepat, seluruh peserta sangat menikmatinya. Senyuman menghiasi wajah seluruh peserta yang menginjak finish.

Sunset Swim Classic diikuti 61 peserta. Mereka berasal dari mancanegara. Seperti Singapura, Malaysia, dan sejumlah negara Eropa. 

Event ini juga memperlombakan berbagai kategori berdasarkan usia. Mulai dari usia 12 tahun hingga 41 tahun dan ada juga Sunset Swim Classic khusus peserta Indonesia.

Menurut Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, menjelaskan jika Sunset Swim Classic adalah event pendukung Bintan Triathlon.

“Tidak semua wisatawan yang datang ikut Bintan Triathlon. Sebagian dari mereka datang untuk mengikuti Sunset Swim Classic. Lomba ini konsepnya untuk keluarga, oleh karena itu pesertanya dari berbagai usia. Ada yang tua, ada juga yang anak-anak laki laki dan perempuan,” tutur Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar.

Dijelaskannya, event ini lebih dari sekadar menang atau kalah. Karena seluruh peserta yang menginjak finis mendapatkan medali. 

Dijelaskan Esthy, event ini lebih kepada mengenalkan keindahan pantai Bintan ke wisatawan, pantai yang tentunya sangat bersih.

Sedangkan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati, menjelaskan, hanya Sunset Swim Classic yang digelar. Ada Beach Soccer Kids. Namun, konsep kegiatan ini bukanlah kompetisi.

“Jadi anak-anak diajak untuk bermain bola bersama-sama. Kita mengajak mereka gembira. Agar anak-anak yang hadir tidak bosan selama orang tuanya berlomba. Tidak ada aturan resmi. Kita hanya ingin menghadirkan keceriaan untuk anak-anak,” jelasnya.

Menteri Pariwisata memberikan apresiasinya untuk perhelatan Bintan Triathlon 2019. Apalagi keseruan sudah hadir meski event utama belum berlangsung.

“Bintan tau bagaimana menggelar sport tourism untuk memanjakan wisatawan. Bintan Triathlon ini menjadi contohnya. Sebab, tidak hanya melibatkan atlet, keluarga atlet pun bisa merasakan atmosfer yang sama,” papar Mantan Dirut PT Telkom itu.

red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *