Desa Sungai Besar Kabupaten Lingga Panen Padi Lagi

LINGGA, – – Masyarakat Desa Sungai Besar patut berbangga hati, ditengah kondisi cuaca panas belakangan ini yang menyerang Kabupaten Lingga, mereka berhasil melakukan panen padi untuk yang kesekian kalinya, Senin (25/03/2019).

Sebelumnya, persis di belakang Gudang Penggilang Padi ini, dahulunya dimanfaatkan masyarakat untuk menanam kacang panjang, tomat dan semangka. Namun sekarang tempat ini sudah dijadikan
lokasi untuk penanaman padi, karena dirasakan hasilnya lebih menjanjikan bagi mereka.

Menurut Kades Sungai Besar, Nazaruddin, dengan panen padi ini membuat masyarakat sekitar lebih termotivasi untuk bercocok tanaman padi, karena sebenarnya menanam padi tidaklah serumit yang dibayangkan apalagi lahan telah disedikan dan sudah siap ditanam.

“Alhamdulillah, untuk panen kali ini hasilnya lebih memuaskan. Jika dibandingkan dengan varietas padi sebelumnya, nampaknya untuk Inpara 3 ini lebih cocok untuk kondisi tanah di Desa Sungai
Besar ini,” kata beliau menjelaskan.

Nazarudin menambahkan, padi Inpara 3 yang mereka panen tersebut juga lebih tahan dengan kondisi air yang sulit saat ini.

“Yang panen dulu sudah bagus juga hasilnya, tapi yang panen kali ini jauh lebih baik. Kalau dulunya daunya kuning, tapi padinya belum kuning. Kalau sekarang, daunnya masih hijau, padinya sudah
kuning. Dan hasilnya juga lebih bagus,” kata dia.

Sedangkan salah seorang petani yang kerap disapa Pak Tua di desa tersebut terlihat sangat gembira dengan hasil jerih payah
mereka selama ini, meskipun curah hujan dan sungai yang mengalir persawahannya tidak lancar namun hasil panen mereka sangat optimal.

“Panen kali ini lebih bagus pak, walaupun agak susah air, tapi hasil padinya bagus,” tuturnya.

Disamping lahan yang sedang panen tersebut, terlihat juga masyarakat dengan semangat sedang menanam bibit padi.
Akhirnya, segala kabar miris dan miring terhadap lahan padi di Desa Sungai Besar telah terbantahkan dengan keberhasilan tersebut.

Diketahui, Pemkab Lingga sangat mendukung aktitifas masyarakat bercocok tanam padi, karena ini merupakan salah satu andalan dari 4 program besar Awe-Nizar.

Laporan: Mc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *