Pesona Sei Ladi

Oleh: Andreani Khori Juniar
Program Studi Budidaya Perairan
Universitas Maritim Raja Ali Haji

Sungai Ladi yang biasanya disebut Sei Ladi merupakan bagian dari perairan Teluk Riau yang terletak di Kelurahan Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Disepanjang perairan ini terdapat sungai -sungai kecil termasuk Sungai Ladi ini. Ekosistem yang ada dikawasan ini terdiri dari ekosistem mangrove dan ekosistem lamun. Ekosistem Mangrove merupakan salah satu ekosistem penting di wilayah pesisir.

Ekosistem mangrove tersebut memiliki peran penting bagi masyarakat yang tinggal disekitar muara sungai. Pentingnya mangrove untuk manusia dan satwa liar adalah sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar, sumber pengelolaan kayu untuk bangunan dan kegunaan lain,sumber keragaman habitat termasuk satwa langka dan memiliki nilai ekonomi.

Baca Juga :  Pulau Penyengat Jadi Ikon Pariwisata Halal dan Ekonomi Kreatif

Penyedia pakan ternak dapat menjaga kualitas air dan menyaring polusi, pembatas terhadap abrasi dan perlindungan dari badai serta merupakan bagian dari ekosistem yang saling terkait dengan lamun dan terumbu karang.

Daerah ini memiliki luas ekosistem mangrove seluas 1.599,9 Ha pada tahun 1989 dan mengalami penurunan sekitar 83,5% yaitu sebesar 1.337,4 Ha pada tahun 2009 (Dinas Kelautan,Perikanan,Pertanian,Kehutanan dan Energi 2010).

Penurunan hutan mangrove ini disebabkan oleh beberapa aktivitas seperti pertambangan bauksit, galangan kapal, alur pelayaran, aktivitas pelabuhan dan aktivitas pariwisata yang tentunya akan berpengaruh terhadap kondisi ekosistem mangrove disekitar perairan sungai Ladi ini.

Baca Juga :  Lantamal IV Mengudara Sosialisasikan Pemecahan Rekor Muri Tari Gemu Famire

Jika biasanya anda menikmati kawasan hijau didaerah pegunungan atau hutan, kali ini anda bisa menikmatinya diderah pesisir. Tepatnya, di Sei Ladi dengan kawasan yang dikelilingi hutan mangrove. Dari arah dermaga terlihat sebuah rumah makan yang sederhana, disana anda bisa menikmati makanan hasil laut khas kepulauan riau yang masih segar.

Sambil menikmati indahnya pemandangan mangrove yang hijau. Jika anda ingin menambah wawasan mengenai mangrove dan beberapa fauna mangrove sungai Ladi anda bisa melihat dari papan informasi yang berada di pintu masuk dermaga.

Baca Juga :  Sekda Lingga Resmikan Destinasi Wisata Mangrove Desa Sedamai

Dikarenakan gerakan pemerintah dirasa belum timbul dan dirasakan masyarakat setempat,maka kami berharap pemerintah dapat lebih memperhatikan potensi lokal dan kearifan daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.