Berburu Kompeten, 43 Orang Wartawan Ikuti UKW

Peserta Uji Kompetensi Wartawan (Foto: Beto)
Peserta Uji Kompetensi Wartawan (Foto: Beto)

TANJUNGPINANG, – – Sebanyak 43 orang wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PT Sijori Media Serumpun bekerjasama dengan Lembaga penguji Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta di Gedung Rupatama Polres Tanjungpinang, Sabtu (8/12/2018).

Dalam sambutannya, Direktur PT Media Sijori Serumpun, Delfis menyampaikan pelaksanaan UKW yang digelar dengan menggandeng UPN “Veteran” Yogyakarta ini untuk membantu para wartawan dari berbagai daerah, sehingga memiliki  kesempatan untuk mengukur potensi dalam bidangnya. 

Terdapat 43 peserta, yang terdiri dari Utama 28 orang,  Madya 9 orang, dan Muda 5 orang. 

Hajatan mulia ini, juga didukung Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi. Sebagai salah satu bentuk dukungan dari pihak kepolisian pihaknya telah memfasilitasi tempat pelaksanaan UKW.

Kapolres Tanjungpinang, yang diwakili Wakapolres Kompol Sujoko mengatakan, bahwa Pers adalah mitra kepolisian. “Sebab, wartawan selama ini adalah mata dan telinga saya, selalu ada informasi yang diberikannya,” ucap Sujoko.

Ia berpesan, UKW ini jangan jadikan momok, tapi bagaimana rekan-rekan daoat meningkatkan kompetensi diri agar dapat memberikan informasi yang bijak kepada publik.

Senada dengan hal yang sama, Ketua Lembaga Penguji Kompetensi UPN Yogyakarta, Afifi mengatakan pihaknya telah menerjunkan penguji terbaik dari 4 kota, yakni : Bandung, Jogja, Semarang dan Batam dengan jumla 8 orang penguji.

Selain itu, tambahnya, dalam pelaksanaan Uji Kompetensi ini, perlu diketahui bahwa Uji Kompetensi ini bukan hanya sekedar ujian, tetapi kita juga akan mengedukasi. 

“Sertifikasi Wartawan adalah amanat undang-undang untuk menghasilkan Jurnalis yang kompeten. Hari ini memang gampang membuat media, namun untuk menghasilkan jurnalis yang kompeten perlu perjuangan,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma S.ip.

(Bet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *