Dispar Bintan Gandeng Akademisi Umrah Gali Potensi Desa di Bintan

TANJUNGPINANG,- -Kabupaten Bintan merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata yang di kenal oleh turis mancanegara. Tidak sedikit turis tiap tahunnya yang melakukan kunjungan ke Bintan. Sehingga dituntut pemahaman masyarakat tentang kesadaran pariwisata perlu ditingkatkan.

Pada kesempatan kali ini, Dinas Parawisata Kanupaten Bintan menggandeng akademisi kampus Umrah yang saat ini tengah menyelesaikan study disertasi doktoral S3 jurusan kebijakan publik di universitas Padjajaran untuk menggali potensi yang ada di desa-desa di wilayah kabupaten Bintan.

Okparizan S.Sos, M.Si, M.HI, akademisi umrah menyampaikan bahwa pentingnya membuka kesadaran dan meningkatkan pemahaman tentang pariwisata , sehingga masyarakat bisa menangkap peluang agar potensi yang ada dapat dimanfaatkan, katanya.

Kemudian, lanjut okpa mengatakan desa wisata bukan hanya berbicara tentang air terjun atau pantai, tapi ada banyak wisata-wisata lain seperti budaya, religi serta wisata teknologi yang bisa kita manfaatkan, pungkasnya. 

Disamping itu, Kabid destinasi wisata dari Dinas Pariwisata Bintan, Dahsyat mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. karena kita memiliki tujuan yang sama dalam membangun daerah dan menggali potensi wisata yang ada untuk kesejahteraan masyarakat, katanya.

“sehingga diharapkan hasil dari FGD ini tidak hanya selesai pada kegiatan hari ini, namun pada kesempatan kali juga diharapkan agar pihak akademisi dapat mencarikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk sama-sama ikut berpartisipasi membangun daerah,” ucapnya.

Pada kesempatan kegiatan FGD tersebut turut dihadiri oleh kepala desa, pengurus bumdes dan kelembagaan desa dari perwakilan 32 desa yang 4 diantaranya merupakan kawasan desa wisata. 

(Adi Agus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *