Biaya Baju Penerimaan Siswa SD Gratis di Lingga

Baju sekola dasar (SD) (ist.)
Seragam sekolah (ist.)

LINGGA, – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, untuk jenjang pendidikan SD dan SMP tidak dipungut biaya alias gratis.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) di Dinas Pendidikan (Disdik) Lingga, Hendry Efrizal mengatakan, program masuk sekolah gratis bagi siswa baru yang dilakukan sejak tahun lalu masih berlaku hingga sekarang.

“Gratis disini yaitu calon siswa akan diberikan pakaian seperti seragam putih merah, baju kurung, olahraga, batik serta pramuka,” katanya, Kamis (5/7/2018) kemaren.

Baca Juga :  Sebanyak 248 Kasus Kekerasan Terhadap Anak Terjadi di Kepri

Dia menjelaskan, untuk jenjang SD tidak akan menerima baju pramuka. Jadi, jika dibutuhkan, siswa harus membeli menggunakan uang pribadi.

“Jadi baju pramuka hanya ada untuk SMP. Kalau untuk SD tidak ada. Kalau untuk anggarannya, masih sama seperti tahun lalu,” ujarnya.

“Kalau ada sekolah yang melakukan pungli dengan memungut biaya masuk sekolah untuk jenjang SD dan SMP, itu tidak kami lagi yang menindak, tapi tim saber pungli,” ucapnya.

Tidak hanya itu, buku pelajaran juga tidak lagi dibebankan kepada siswa untuk membeli, karena akan disediakan oleh pihak sekolah.

Baca Juga :  Dadang Meminta Pemerintah Mengkaji Ulang Rencana Pembelajaran Tatap Muka

“Tapi kalau bukunya lambat sampai, harap dimaklum kalau siswa disuruh untuk fotocopy terlebih dulu. Karena kita tahu, masalah distribusi buku ini sering mengalami keterlambatan,” katanya.

Dengan adanya program masuk sekolah gratis bagi siswa baru tersebut, diharapkan dapat meringankan beban bagi keluarga kurang mampu untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Laporan : Agus Salim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *