Hari Ini Pilkada Serentak, Presiden Jokowi : Pilih Pemimpin Terbaik

JAKARTA,  – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hari Rabu (27/6) ini dilaksanakan serentak di 171 daerah pemilihan di tanah air. Para warga memilih 17 gubernur, 115 bupati, dan 39 wali kota.

Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk memilih pemimpin terbaik. Presiden juga mengingatkan, bahwa pilihan boleh berbeda tetap tetapi kita tetap bersaudara.

“Mari memilih pemimpin terbaik di kabupaten, kota, dan provinsi. Pilihan boleh berbeda, tetapi kita tetap bersaudara. Selamat memilih!,” tulis Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi yang diunggahnya beberapa saat lalu.

Kepala Negara mengingatkan, pilihan politik boleh berbeda, tetapi setelah itu biarkan pemimpin yang kita pilih bekerja lima tahun.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk bersatu padu terlepas apapun pilihan politik kita,” kata Presiden Jokowi melalui fanpage facebooknya.

Sebagai bangsa yang besar, lanjut Kepala Negara, sesungguhnya Indonesia masih harus menghadapi persoalan yang jauh lebih besar di masa datang, dan persoalan tersebut hanya dapat dihadapi dengan persatuan bangsa.

Sebagaimana diketahui dalam Pilkada Serentak yang digelar hari ini, tercatat ada 514 pasangan calon berebut menjadi Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota.

Rinciannya sebanyak 435 pasangan calon atau 84% diusung partai politik, dan sebanyak 79 pasangan calon atau 16,6% berasal dari jalur perseorangan.

Untuk ASN (Aparatur Sipil Negara) sejumlah 153 calon, TNI/Polri 13 calon, politisi 448 calon, dan swasta 500 calon. Untuk 153 ASN yang mencalonkan Pilkada sebanyak 6 Gubernur, 59 Bupati, 18 Wali Kota dan 15 Wakil Wali Kota.

Sumber: Setkab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *