Penumpang Over Kapasitas, Superjet Bantu Angkut Penumpang Tujuan Batam

LINGGA, – – Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan Dabo Singkep sempat melarang kapal MV. Sabang Marindo tujuan Batam dari Dabo berangkat karena over kapasitas, kapal tersebut diizinkan berlayar setelah tertunda sekitar dua jam dari jadwal keberangkatan yang seharusnya pukul 08.00 WIB, Selasa (19/06/2018).

“Kondisi penumpang sudah melebihi kapasitas sehingga kita tidak berani mengizinkan berangkat,” kata Ketua Tim Syahbandar Dabo Singkep Jumadi, saat ditemui di Pelabuhan Dabo Singkep.

Akibat penundaan tersebut, banyak penumpang yang protes kepada petugas, karena sudah mengantongi tiket yang legal dari agen. Setelah melakukan negosiasi, akhirnya petugas dibantu oleh Kapolsek Singkepbarat Ipda Idris yang turun langsung dalam operasi tersebut memutuskan untuk melakukan penambahan armada yang kebetulan sudah disiapkan oleh operator.

Beberapa penumpang mengaku kecewa dengan sikap agen kapal MV. Sabang Marindo yang menjual tiket tidak sesuai dengan kapasitas dan tanpa mempersiapkan kapal tambahan.

Kelebihan penumpang tersebut mencapai seratus orang penumpang, petugas yang berjaga saat operasi ketupat seligi mengaku terpaksa meminta kapten kapal untuk menunda keberangkatan karna kondisi penumpang sudah membludak bahkan ada yang berdiri.

Setelah tertunda hampir dua jam lamanya, kapal akhirnya berangkat sekitar pukul 10.30 waktu setempat, dan kapal tambahan Superjet 15 yang biasanya berangkat tujuan Tanjungpinang pada hari ini diberangkatkan ke Batam.

Kapolsek Singkep Barat mengharapkan agar masyarakat tidak memaksakan diri jika kapasitas kapal sudah penuh, karna hal tersebut menyangkut keselamatan penumpang.

Sedangkan salah satu pihak Agen kapal bernama Ayun mengaku, pihaknya sudah menjual tiket sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas kapal, jika terjadi hal-hal di lapangan ada tiket yang terjual melebihi kapasitas, pihaknya tidak bertanggung jawab karena hal tersebut terjadi diluar dari tanggungjawab agen.

Laporan : Agus Salim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *