Tingkat Pengangguran di Kepri Capai 6,41 Persen

TANJUNGPINANG,- -Tingkat pengangguran di Provinsi Kepri terus mengalami peningkatan, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik Provinsi Kepri periode Pebruari 2019 mencapai 6,41 persen.

Terdapat sebanyak 1.030.132 orang jumlah angkatan kerja, namun yang memiliki pekerjaan berkisar diantara 972.575 orang. 

Dari data tersebut, angka pengangguran masih didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebesar 11,20 persen.

Adapun kondisi keadaan ketenagaakerjaan Provinsi Kepri saat ini, jumlah angkatan kerja 1.039.132 yang bekerja 972.575 orang, pengangguran 66.557 orang.

Baca Juga :  KEK Nongsa Serap 2.618 Tenaga Kerja, Kepala BP Batam Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

Angka pengangguran tersebut di dominasi oleh lulusan SMK.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional mencatatkan jumlah pengangguran di Indonesia hingga Februari 2019 sebanyak 6,82 juta orang. 

Kepala BPS Suhariyanto dalam rilis nasional menyatakan, jumlah pengangguran terbanyak masih berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di antara tingkat pendidikan lainnya. Sedangkan yang terendah dari tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) ke bawah.

“Tingkat pengangguran terbuka tertinggi pada jenjang pendidikan SMK sebesar 8,63%,” ujarnya.

Adapun tingkat pengangguran dari penduduk berpendidikan SD ke bawah sebesar 2,56%. “Karena ketika pendidikan SD ke bawah ini mencari pekerjaan tidak pilih-pilih sama sekali,” imbuh dia.

Baca Juga :  ARTDO International World Conference ke-50 Sukses Digelar

Di sisi lain, tingkat pengangguran lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tercatat sebesar 5,18%, kemudian lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 7,19%.

Lalu tingkat pengangguran dari lulusan pendidikan Diploma I/II/III sebesar 7,92%. Sedangkan dari lulusan universitas tingkat penganggurannya 6,31%.

Bet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *