Disdik Lingga Data Kebutuhan Sekolah

LINGGA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga mulai mendata sarana dan prasaran yang dibutuhkan sekolah, karena pihaknya menyadari masih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini.

Salah satu kendala dalam meningkatkan pendidikan di Lingga, yakni selain letak geografis yang terdiri dari kepulauan, disamping itu juga keterbayaan anggaran yang dimiliki. “Kami sudah mulai melakukan pendataan terhadap fasilitas saranan dan prasaran yang dimiliki setiap sekolah. Terbatasnya Aksesbilitas pendidikan khususnya di daerah yang sulit dijangkau membutuhkan perhatian khusus untuk segera dicari jalan keluarnya,” ujar Kepala Disdik Lingga, Junaidi Adjam, Jumat (19/10).

Dikatakannya, dalam rangka penyusunan strategis untuk tahun 2019 mendatang, Ia bersama beberapa staf Disdik Lingga melakukan pemantauan langsung ke sekolah-sekolah. Ini untuk melakukan inventarisir kebutuhan sarana dan prasaransna setiap sekolah.

Baca Juga :  Pemkab Lingga Kembali Tinjau Sejumlah Lokasi Yang Akan Dikunjungi Presiden

“Setelah mendapatkan data yang sebenarnya, nantinya akan menjadi dasar kebijakan strategis yang akan dilakukan tahun 2019,” ucapnya.

Kedepan Disdik juga akan mencari solusi yang untuk kebutuhan sekolah di daerah yang telah memenuhi quota jumalah siswa untuk dibangun sekolah. “Atau dengan kelas jauh agar semua anal-anak di Lingga bisa melanjutkan pendidikan,” imbuhnya.

Sementara itu, pada 2018 ini Disdik Lingga mengalokasikan anggaran Rp.608 juta untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di SDN 005 Lingga Timur. Alokasi RKB lagi di beberapa sekolah di dusun II Desa Kudung, Kecamatan Lingga Timur yang sudah menjadi prioritas pembangunan karena kondisi yang sangat memperhatikan.

Baca Juga :  Ustadz Abdul Somad Akan Tausiyah di 2 Masjid Besar di Bintan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Junaidi Adjam melalui Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas), Hendry Efrizal menjelaskan  saat ini pembangunan sedang berjalan. “Proses pelelangannya sudah selesai pada 24 September 2018 lalu, bahkan telah dikeluarkan Surat Perintah Kerja (SPMK) pada 28 September 2018. Pemenang tender pekerjaan CV. Petuna Bintan dengan dengan masa kerja 90 hari,” ungkap Hendri Efrizal kemarin.

Dia menegaskan, Desember 2018 mendatang pembangunan 3 RKB di SDN 005 Lingga Timur harus rampung. Karena saat ini dikabarkan material bangunan sudah lengkap, dan bangunan lama telah bongkar habis untuk mendirikan bangunan yang baru. SDN 005 Lingga Timur  memang menjadi perioritas Dinas Pendidikan pada tahun 2018 karena kondisi bangunan yang tidak lagi memungkinkan, bahkan jika tidak segera dibenahi akan mengganggu proses belajar mengajar murid.

Baca Juga :  Ratusan Masyarakat Dabo Singkep Ikut Fun Bike HKTI

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *