Bupati Natuna Raih Penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024 dari tvOne

Bertempat di Studio tvOne, Gedung The Convergence Indonesia (TCI), Jakarta Selatan, Bupati Natuna, Wan Siswandi meraih penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024 dari tvOne dengan kategori Inovasi Pelayanan Publik, Jumat (20/9/2024) malam. (Foto: Diskominfo Natuna)

NATUNA, RADARSATU.COM – Bupati Natuna, Wan Siswandi meraih penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024 dari tvOne dengan kategori Inovasi Pelayanan Publik yang dilaksanakan di Studio tvOne, Gedung The Convergence Indonesia (TCI), Jakarta Selatan, pada Jumat (20/9/2024) malam.

Penghargaan tersebut diraih oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi atas keberhasilannya serta dedikasi dan peran aktif Bupati Natuna dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia dan Infrastruktur di wilayah perbatasan dan juga terdepan di wilayah NKRI itu.

Semasa kepemimpinannya, Pemerintah Kabupaten Natuna telah berhasil menjalin kerja sama dengan sembilan lembaga perguruan tinggi di berbagai daerah yang ada di Indonesia dengan total 107 Anak Natuna berhasil kuliah secara gratis.

Sejak periode tahun 2022-2024, Pemda Natuna berhasil mendapatkan Kuota Kuliah Gratis, seperti:

1. Universitas Pertamina, Jakarta sebanyak 33 orang (2023-2024)

2. Telkom University sebanyak 21 orang (2022)

3. Institut Teknologi PLN sebanyak 10 orang (2022)

4. PEM Akamigas Cepu sebanyak 8 orang (2022)

Baca Juga :  31.556 Nelayan di Kepri Terkover Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

5. Akademi Metrologi dan Instrumentasi sebanyak 6 orang (2022)

6. Politeknik Ketenagakerjaan sebanyak 1 orang (2023)

7. Politeknik Ahli Usaha Perikanan sebanyak 7 orang (2023-2024)

8. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya sebanyak 10 orang (2022)

9. Universitas Eka Unggul sebanyak 11 orang (2024).

Kemudian Bupati Natuna juga berhasil mendorong Polda Kepri untuk menyelenggarakan penerimaan seleksi Bintara Polri khusus diselenggarakan hanya untuk Kabupaten Natuna pada tahun 2022 dan sebanyak 30 orang diterima menjadi Polisi Bintara.

Selain masyarakat yang mendapatkan beasiswa tersebut, melalui pengembangan kompetensi sumber daya aparatur, Pemda Natuna memberikan kuota sebanyak 105 guru berkuliah di Universitas Terbuka untuk disekolahkan menjadi Strata 1, kemudian Pemda Natuna juga memberikan Beasiswa kepada 20 orang untuk Dokter Umum, Dokter Gigi, dan Dokter Spesialis.

Kemudian juga ditunjang dengan berbagai macam pelatihan dengan peningkatan kualitas tenaga pendidikan melalui fasilitasi sertifikasi guru, kemudian juga sebanyak 112 nakes pelatihan dan diklat tenaga kesehatan, kemudian sebanyak 1176 orang mendapatkan pelatihan dan pengembangan SDM pariwisata, serta pelatihan dan pengembangan SDM pelaku UMKM.

Baca Juga :  Kunker ke Natuna, Kajati Kepri Berikan Restorative Justice

Seluruh capaian tersebut dimaksudkan Bupati Natuna untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Natuna yang secara geografis didominasi oleh laut yang luas yang kaya akan minyak dan gas buminya serta potensi kelautan maritimnya yang luar biasa serta dengan adanya potensi pariwisata Geopark Nasional yang ada di Kabupaten Natuna.

Disisi Infrastruktur, selama rentang Tahun 2022 hingga 2024, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Bupati Natuna terus mengupayakan secara proaktif ke Kementerian dan Provinsi Kepri untuk terus menunjang pembangunan infrastruktur dasar dan infrastruktur ekonomi sehingga APBN dan Dana Provinsi di Kabupaten Natuna mencapai 1,7 Triliun Rupiah.

Kemudian penggunaan anggaran dana DAK untuk pelayanan dasar dan penanganan isu daerah terdapat untuk prioritas anggaran untuk pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, penurunan Stunting, ketahanan pangan, peningkatan ekonomi berkelanjutan, dan transportasi perdesaan.

Baca Juga :  BP Batam Gelar Sertijab Anggota Deputi Bidang Administrasi dan Keuangan

Tentunya hal tersebut sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Natuna yaitu Terwujudnya Kabupaten Natuna sebagai Kabupaten Maritim yang Unggul, Eksotis, Aman dengan Kemandirian Ekonomi Berlandaskan Nilai Religius dan Kultural yang salah satu misinya adalah Akselerasi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan juga Akselerasi Pembangunan Infrastruktur yang Tertib dan Teratur.

Selain Kabupaten Natuna yang meraih penghargaan, Kabupaten lainnya pun mendapatkan penghargaan dengan kategori yang berbeda seperti Pemkab Sumenep dengan Kategori Pendayagunaan Pentahelix, Pemkot Kota Bitung dengan kategori Layanan Kesehatan, Pemkab Jayapura dengan kategori sektor pendidikan dan pariwisata, Pemkab Kotabaru dengan kategori penunjang pariwisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *