Resmikan Puskel Berjalan, Bupati Anambas Minta Nakes Layani Pasien Dengan Baik

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris melaksanakan Tepung Tawar saat meresmikan Puskesmas Keliling di Puskesmas Siantan Tengah, Selasa (10/9/2024). (Foto: Ist)

ANAMBAS, RADSRSATU.COM – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris melaksanakan Tepung Tawar dan Pemotongan Pita Puskesmas Keliling (Puskel) Roda 4 dan Puskel Roda 2 yang berlangsung di Puskesmas Siantan Tengah, Desa Air Asuk, Selasa (10/09/2024).

Dalam sambutannya, Abdul Haris menjelaskan bahwa Pemkab Anambas berupaya melengkapi sarana den prasana untuk menunjang pelaksanaan pelayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat.

Salah satunya dengan melakukan Audiensi Pengusulan Pengadaan Puskesmas Keliling Roda 4 dan Roda 2 ke Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan pada tahun 2023 lalu.

“Upaya audiensi membuahkan hasil dengan adanya Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kesehatan Tahun Anggaran 2024 yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pengadaan Puskesmas Keliling Roda 4 berupa mobil Ambulans dan Puskesmas Keliling Roda 2 berupa kendaraan sepeda motor yang pemanfaatannya akan digunakan di Puskesmas Siantan Tengah dapat terlaksana,” jelas Abdul Haris.

Baca Juga :  Muhammad Rudi Minta SPAM dan PT ABHi Tuntaskan Persoalan Air Warga Tanjung Uncang

Dia juga mengatakan, Puskel Roda 2 merupakan sebuah hal yang dapat berguna, mengingat dengan keterbatasan akses dan juga lokasi geografis Kepulauan Anambas, sepeda motor dapat menjangkau dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Siantan Tengah.

“Kepada Kepala Dinas Kesehatan agar bisa membuat program pelayanan kesehatan home visit/Kunjungan Rumah dengan menggunakan motor Puskesmas Keliling roda 2 sesuai dengan kegunaannya untuk memenuhi waktu respon penanganan korban gawat darurat, hal ini efektif karena jalan yang sulit dilalui kendaraan roda 4 dapat dengan mudah menggunakan Puskel roda 2,” katanya.

Baca Juga :  Hadiri RDP bersama Komisi VI DPR RI, BP Batam Sampaikan RKA 2024 dan Realisasi Anggaran 2024 Triwulan II

Dia juga menyampaikan bahwa selama ini banyak sekali laporan masyarakat yang disampaikan kepadanya terkait tingkah laku dan etika pelayanan dari Tenaga Medis dilapangan yang kurang baik dalam melayani pasien.

Untuk itu dia berpesan bahwa Tenaga Medis harus mempunyai Integritas dalam melayani pasien dengan budaya dan etika yang baik sekalipun dalam kondisi keterbatasan sarana dan prasarana terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *