Persiapan PSU di Riau, Hanya Rokan Hulu yang Harus Cetak Ulang Logistik

Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan. (Foto: Partison)

PEKANBARU, RADARSATU.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau saa berupaya agar pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Caleg di 35 TPS di Riau dapat berjalan tanpa ada kendala dan muncul persoalan baru. Salah satu yang disiapkan KPU adalah logistik seperti surat suara.

Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan mengatakan, untuk tiga wilayah seperti Kabupaten Inhu, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai, surat suara untuk PSU sudah tersedia,

‘’Di wilayah itu PSU nantinya menggunakan  surat suara cadangan yang memang sudah disiapkan pada  Pemilu lalu, jumlah mencukupi jadi tidak ada persoalan,” kata Rusidi Rusdan, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga :  Rute Penerbangan Batam-Jambi Kembali Dibuka: Harga Termurah Rp 684.700

Sedangkan untuk PSU di Kabupaten Rokan Hulu, jelas Rusidi, surat suara sedang dikoordinasikan untuk dicetak ulang karena surat suara cadangannya tidak mencukupi dengan jumlah 31 TPS yang menggelar PSU.

“Berapa banyak yang harus dicetak tentu kita sesuaikan berdasarkan hasil dari pemuktahiran data pemilih terbaru, yang jelas jumlah DPT tidak boleh bertambah sesuai dengan amar putusan Mahkamah Konstitusi,” ujarnya.

Selain menyiapkan logistik, terang Rusidi KPU juga menyiapkan petugas TPS pada PSU di Kabupaten Inhu, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

Baca Juga :  Jaga Situasi Kondusif, Polres Kepulauan Anambas Laksanakan Patroli KRYD

“Petugas TPS-nya, ditangani langsung dari KPU setempat karena jumlah TPS yang menggelar PSU tiga wilayah itu tidak banyak,” ucapnya.

Khusus PSU di Kabupaten Rohul lanjut mantan ketua Bawaslu Riau ini,  petugas TPS akan dibentuk baru ,

“Namun kita akan evaluasi petugas KPPS yang lama kalau mereka masih bersedia dan memenuhi syarat, kita akan gunakan mereka kembali,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *