Siaga Longsor Saat Mudik Lebaran, Dinas PUPR-PKPP Riau Siapkan Alat Berat dan Nomor Pengaduan

Siaga Longsor Saat Mudik Lebaran, Dinas PUPR-PKPP Riau Siapkan Alat Berat dan Nomor Pengaduan
Antisipasi longsor saat arus mudik lebaran, Dinas PUPR Riau bersiaga (ilustrasi)

RIAU, RADARSATU.com – Menindaklanjuti arahan dari Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau mengambil langkah antisipatif dengan menyiagakan alat berat di daerah rawan longsor dan amblas saat mudik Lebaran.

Pj Gubri meminta Dinas PUPR-PKPP Riau untuk membentuk tim dan menyiapkan nomor pengaduan sebagai langkah antisipasi jika terjadi bencana longsor di jalur mudik Lebaran.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau, M Arief Setiawan, menyatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I-VI untuk mensiagakan alat berat dan personel.

Baca Juga :  Harga Tiket Mudik Batam Naik Jelang Lebaran 2024: Ada Penerbangan Tambahan

“Setiap UPT telah disiagakan satu set alat berat, terdiri dari Motor Grader, Vibro Roller, Excavator, serta mobil trado dan dump truck,” ungkap Arief pada Jumat (5/4/2023).

Arief menjelaskan bahwa alat berat tersebut telah disiagakan selama seminggu terakhir hingga H+7 Lebaran. Meskipun alat berat tersebut tidak berada di satu tempat, namun mereka siaga dan mobile, siap dikerahkan ke titik-titik rawan jika diperlukan.

“Sudah disiapkan nama dan nomor yang bisa dihubungi jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti jalan longsor, sehingga alat berat bisa segera dikerahkan ke lokasi kejadian,” tambahnya.

Baca Juga :  TNI AL Tarempa Temukan 2 Kg Diduga Kokain di Pantai Teluk Separa Anambas

Langkah antisipatif ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan respons terhadap potensi bencana longsor selama musim mudik Lebaran, sehingga dapat menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan para pemudik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *