Pendaftaran Bacaleg Ditutup, 16 Partai Politik Resmi Bertarung Menuju Kursi Dewan Kota

Partai PKPI pendaftar terakhir Bacaleg 2019 yang ditandai dengan penutupan pendaftaran (bet)
Partai PKPI pendaftar terakhir Bacaleg 2019 yang ditandai dengan penutupan pendaftaran (foto:bet)

TANJUNGPINANG,- -Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang resmi menutup pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) 2019 pada pukul 00.00 WIB, Selasa (17/7). Pendaftaran ditutup ditandai dengan partai pendaftar terakhir yakni, PKPI, pada pukul 23.25 WIB.

Terdapat 16 Partai Politik yang telah mendaftarkan bakal calon legislatif menuju 2019 mendatang, adapun pendaftar pertama pada Senin (16/7) dimulai dari partai Nasdem dan Golkar. Dan disusul pada besoknya partai Perindo, Demokrat, PAN serta Hanura dan PDI-P, PAN, PPP, PKS, GERINDRA, PSI, Garuda dan PKPI.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan, hingga pendaftaran ditutup terdapat 16 partai yang telah resmi mendaftar. 

Baca Juga :  DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Bahas LKPJ Bersama Bupati Tahun 2021

“Hari ini pendaftaran Bacaleg mengalami peningkatan hingga membludak mulai dari pagi hingga malam namun demikian 3 tim operator silon kita dapat menyelesaikan dengan baik,” kata Aswin.

Aswin menyampaikan, prosedur pendaftaran tersebut telah sesuai dengan aturan PKPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPRD Provinsi/ Kota dan mekanisme tahapan PKPU No. 5  tahun 2018..

Setelah pendaftaran semua administrasi bakal calon telah diterima KPU. Selanjutnya KPU akan menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi bakal calon kepada partai politik peserta pemilu pada tanggal 22 hingga 31 Juli 2018.

Baca Juga :  Pilwako Batam 2024, Spanduk Dukungan H. Muhammad Rudi untuk Amsakar - Li Claudia Bertebaran di Sejumlah Wilayah

“Akan ada perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panwaslu Kota Tanjungpinang, Maryamah mengaku proses pendaftaran di KPU sudah berjalan lancar bahkan tidak ada kendala serta aman terkendali, hanya tinggal menunggu hasil verifikasi. 

“Walaupun ada yang mendaftar hingga last menit, tetapi mereka masih tepat waktu sesuai jadwal ketentuan,” kata Maryamah.

(bet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *