Balita Sehat Karena Orang Tua Yang Sehat

TANJUNGPINANG, – – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Kota Tanjungpinang gelar Lomba Balita Sehat tingkat Kota Tanjungpinang di Aula Poltekkes Kemenkes RI, Senin (14/5).

Penjabat Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM membuka secara resmi acara tersebut. Dalam sambutannya menyampaikan jumlah balita di Kota Tanjungpinang cukup besar yaitu 21.926 (8,48%) dari penduduk Kota Tanjungpinang saat ini. Untuk memperoleh balita sehat sebagai generasi bangsa, perlu perhatian serius terhadap perkembangan balita. “Dengan jumlah balita tersebut, maka upaya pembinaan secara komprehensif dan berkesinambungan, termasuk pembinaan kesehatannya yang tidak dilakukan secara setengah-setengah. Balita sehat itu pasti berawal dari orang tua yang sehat pula,” ungkapnya.

Baca Juga :  1 Orang PDP Covid-19 di Karimun Meninggal Dunia

Upaya untuk memperoleh balita sehat antara lain melalui pemantauan pertumbuhan balita di Posyandu secara rutin yang berjumlah 136 posyandu di Kota Tanjungpinang. “Kegiatan ini bukan hanya merupakan tanggung jawab petugas kesehatan semata tapi yang paling dominan adalah peran orang tua untuk selalu menstimulasi perkembangan anak sesuai buku pedoman Kesehatan Ibu dan Anak yang dimiliki,” lanjut Ariza.

Kepala Dinkesdalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM. M.Si melaporkan sebanyak 100 balita ini mengikuti lomba yang dipilih berdasarkan kategori usia dan merupakan utusan dari kelurahan dan kecamatan se-Kota Tanjungpinang. “Lomba balita sehat ini dilaksanakan secara berkelanjutan dari tingkat kelurahan, kecamatan dan sekarang tingkat Kota Tanjungpinang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan memantau pertumbuhan serta perkembangan anak dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang unggul dengan asupan gizi yang cukup serta melakukan imunisasi yang tuntas,” lapor Rustam.

Baca Juga :  Ini Hasil Pengawasan Loka POM Sepanjang Ramadan di Tanjungpinang dan Bintan

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Handayani Ariza, Camat Tanjungpinang Timur, Camat Bukit Bestari, Lurah se-Kota Tanjungpinang dan tenaga medis lainnya sebagai tim penilai. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *