Rohil  

Didampingi Bupati Rohil, Gubri Resmikan Rumah Tahfiz Al Qur’an Darul Muqomah

ROHIL, RADARSATU.com – Didampingi Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Gubernur Riau Syamsuar meresmikan rumah tahfiz Al Qur’an Darul Muqomah di Bagan Punak Meranti, Bangko, Rohil, Jum’at (20/8/2021).

Dalam sambutannya, Syamsuar mengaku bangga dengan rumah tahfiz Al Qur’an yang sudah mencetak para Hafiz dan Hafizah penghapal Al Quran bahkan sudah berkiprah di luar Rohil.

Peresmian rumah tahfiz Darul Muqomah merupakan berkah luar biasa dan wujud implementasi Pemkab Rohil menuju negeri religius seperti yang dicanangkan oleh Bupati dan Wabup Rohil.

Berbagai prestasi telah diraih mulai dari beasiswa di rumah Hafiz Tazkia Bogor, ditawari masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes serta mendapat rekomendasi dari Polsek setempat untuk menjadi polwan.

Syamsuar menyampaikan, dulu saat menjadi Bupati Siak, ia termasuk penggerak berdirinya rumah Tahfiz Al Quran di Kabupaten Siak Sri Indrapura. Bahkan, Siak termasuk kabupaten yang diperhitungkan terutama bidang lomba seni kaligrafi dan sering mendapat juara pertama.

Baca Juga :  Kejari Rohil Bagikan 2000 Masker

“Kalau Hafiz memang kita sering kalah dari Pekanbaru, Kampar dan Rokan Hulu. Bahkan saya sangat sedih ada Hafiz dari Indragiri Hulu yang baru ini meninggal, anaknya memang pintar dan saat dikebumikan bau wangi tercium dari jenazahnya,” ujar Syamsuar dengan rasa takjub, Jum’at (20/8/2021).

Menurutnya, rumah tahfiz harus senantiasa digalakkan sebab selama ia memimpin Siak, para lulusan sudah banyak yang menimba ilmu dari dalam dan luar negeri seperti di Turki dan Timur Tengah.

Ia juga pernah mendapat hasil penelitian dari perguruan tinggi yang menyebut anak penghapal Al Quran lebih mudah mencerna semua ilmu saat menempuh bangku kuliah dan wajar banyak perguruan tinggi memberikan prioritas bagi calon mahasiswa penghapal Al Quran untuk menimba ilmu di kampus mereka.

Baca Juga :  DPRD Rohil Gelar RDP Bersama Bapenda Bahas Capaian PAD

” Kemungkinan mereka mendapat hidayah ya? Makanya mudah mencerna semua ilmu,” tuturnya.

Bukan hanya waktu menjabat sebagai Bupati Siak, Syamsuar mengaku bahwa programnya itu juga di implementasikan saat ia menjabat Gubernur Riau dengan mengirimkan 115 santri ke Ponpes Tazkia Bogor pada tahun 2020.

Ia berharap, programnya itu bisa di contoh semua daerah seluruh Kabupaten se-Riau.

Bupati Rohil, Afrizal Sintong mengapresiasi hadirnya rumah tahfiz Darul Muqomah di Bagansiapiapi.

Ia berharap, pengurus rumah tahfiz senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menutup segala kekurangan terutama pembangunan fisik rumah.

Baca Juga :  Nelayan Pulau Halang Terima Sembako dan Alat Pengolahan Ikan Asin dari Bupati Rohil

“Kita juga mengharapkan para donatur untuk ikut mewakafkan apa saja agar rumah tahfiz ini bisa berkembang sesuai dengan yang diharapkan,” katanya

Peresmian rumah tahfiz Darul Muqomah ditandai dengan pemotongan pita oleh Syamsuar didampingi Afrizal Sintong, Sulaiman Azhar, unsur Muspida.

Setelah menggunting pita, seluruh undangan mendapat kesempatan melihat langsung seluruh ruangan dalam rumah tahfiz.

(Anthony)
Editor: Patar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *