KPU Tanjungpinang Gencar Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

TANJUNGPINANG, – -Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula yang berumur 17 tahun, Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria pada Senin (2/4) menjadi pembina upacara di SMAN2, Tanjungpinang. Saat memberikan amanat Robby menekankan pentingnya pemilih pemula menggunakan hak suara dengan cerdas. Karena suara mereka sangat menentukan keterpilihan pemimpin Tanjungpinang lima tahun ke depan.

“Pemilih pemula mereka yang sama sekali belum pernah menggunakan hak pilih. Khusus kelas 11 maupun kelas 12 akan menjadi pemilih pemula di Pilkada Tanjungpinang 27 Juni nanti. Harus menggunakan hak pilih dengan cerdas,” kata Robby saat menjadi pembina upacara.

Baca Juga :  Airlangga Hartarto Beri Lampu Hijau Pembangunan Pelabuhan Pengumpan Regional Bengkong

Disebutkan, pemilih cerdas akan meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Oleh karena itu siswa siswa yang akan menjadi pemilih pemula harus aktif menyampaikan pesan pesan kebaikan di dunia maya. Karena anak anak muda sangat familiar dengan gadget sehingga dengan menggunakan gawai itu dapat membantu KPU mensosialisasikan Pilkada Tanjungpinang.

“Jangan gunakan Internet untuk menyebarkan hoaks maupun ujaran kebencian. Karena berisiko mencelakakan diri sendiri dan orang lain,” ujarnya.

Ditambahkan, Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga atau keempat di dunia sangat membutuhkan pemilih pemilih cerdas yang belum terkontaminasi money politik, isu Sara, fitnah maupun cara cara lain yang tidak sesuai dengan kebudayaan melayu.
“Satu suara Anda sangat berarti untuk Tanjungpinang dan Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu upayakan maksimal dapat memberikan hak suara. Jika belum terdaftar sebagai pemilih, lapor kepada PPS di kelurahan,” paparnya.

Baca Juga :  Open Base 2024, Wakil Bupati dan Sekda Natuna Berpose Bak Captain Penerbang

Bahkan tahun 2019, lanjutnya, Indonesia akan memasuki babak baru dalam demokrasi karena untuk pertama kalinya pemilu legislatif dan presiden dilakukan serentak di hari yang sama.

“Dan itu belum pernah dilakukan di Indonesia. Mudah mudahan pemiluny sukses dengan keterlibatan semua kalangan. Terutama partisipasi pemilih melenial,” ujarnya.

Selesai menjadi pembina upacara, Robby diminta oleh Kepala Sekolah SMAN2 Tanjungpinang Encik Abdul Hajar untuk menyerahkan piala atas keberhasilan siswa SMAN2 menjuarai pelbagai turnamen dan kejuaraan ilmu pengetahuan tingkat Kepri. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *