Dua Tahun Berturut-Turut PT Timah Tbk Raih Proper Hijau 2020

KARIMUN, RADARSATU.COM – Dua tahun berturut turut, PT Timah Tbk kembali berhasil meraih penghargaan PROPER Hijau Tahun 2020.

Penganugerahan itu dilaksanakan secara virtual dan disaksikan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Senin (14/12/2020) kemarin.

Dengan didapatkan nya penganugerahan tersebut menunjukkan komitmen PT Timah terus melakukan perbaikan dalam aspek lingkungan.

Seperti diketahui, Proper Hijau mempresentasikan usaha atau kegiatan yang telah melibatkan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan.

Pemanfaatan sumberdaya secara efisien melalui upaya 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan recovery) dan melakukan tanggung jawab sosial dengan baik.

Untuk peniliaan Proper ini juga melibatkan banyak aspek, diantaranya ketaatan peraturan pengelolaan lingkungan hidup, penerapan sistem management lingkungan, efisiensi.

Baca Juga :  Akibat Pandemi COVID-19, Penerbangan di Bandara Hang Nadim Belum Alami Peningkatan

Energi, konservasi air, pengurangan emisi dan GRK, perlindungan keanekaragaman hayati, 3 R limbah B3 dan limbah non B3, serta pemberdayaan masyarakat.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, M. Zulkarnaen mengatakan, untuk meraih Proper Hijau banyak inovasi yang telah dilakukan oleh salah satu produsen timah dunia ini.

“Upaya yang dilakukan diantaranya membekali karyawan di setiap unit produksi dan mitra PT Timah Tbk dengan pengetahuan yang memadai mengenai persyaratan dan peraturan tentang tanggungjawab terhadap lingkungan,” katanya, Rabu (16/12/2020) sore.

M. Zulkarnaen menjelaskan, sedangkan untuk penilaian Proper yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dilakukan dengan analisis yang terukur, metode yang jelas dan sistem yang terus diperbaiki.

Baca Juga :  Gubernur Ansar Ziarah Makam Tokoh Pejuang Kepri

“Tahun ini ada penambahan kriteria dalam penilaian yakni sensitivitas perusahaan terhadap bencana dalam aspek pemberdayaan,” jelasnya.

M. Zulkarnaen mengatakan, di tahun 2020 ini ada sebanyak 125 perusahaan yang berhasil meraih Proper Hijau. Penghargaan tersebut merupakan langkah kongkrit PT Timah Tbk sebagai perusahaan pertambangan dalam pengelolaan lingkungan.

“Perusahaan akan terus menjaga komitmen dan memaksimalkan kemampuan untuk melakukan inovasi pengelolaan lingkungan yang berbasis pemberdayaan masyarakat dari proses penambangan hingga pasca tambang,” ujarnya.

M. Zulkarnaen menambahkan, dengan diraihnyabProper Hijau ini diharapkan dapat terus memacu semangat inovasi dan perusahaan secara bertahan terus berupaya untuk meningkatkan standar pengelolaan dan pelestarian lingkungan yang sejalan dengan misi perusahaan serta meningkatkan kontribusi kepada masyarakat.

Baca Juga :  Peringati Hari Sumpah Pemuda, Dispora Tanjungpinang Gelar Event Virtual Ride And Run

“Perusahaan secara bertahap akan meningkatkan pengelolaan lingkungan, tujuannya untuk memperluas cakupan pengelolaan lingkungan yang diintegrasikan dengan proses bisnis perusahaan. Selain itu akan berupaya melakukan pembenahan agar PT Timah bisa meraih Proper Emas,” tambahnya. (Riandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *