Isi Seminar ICMI, Kaban Kesbangpol Dr. Darson Ungkap Sejumlah Prestasi Pemprov Kepri

Kaban Kesbangpol Kepri, Dr. Darson (dua dari kiri) saat menerima piagam dari panitia penyelenggara seminar ICMI Orwil Kepri, Ridarman Bay, SE, MM. (Foto: Ist)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Mengawali rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Tahun 2024, Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah Kepri menggelar seminar dengan tema, “Peran Ormas Dalam Menunjang Pembangunan Daerah”. Seminar digelar pada Jum’at (27/09) Pagi, di Aula Mini Asrama Haji, Kota Tanjungpinang.

Kaban Kesbangpol Kepri, Dr. Darson, MP.d yang juga Kepala OPD pembina Ormas di Kepri hadir bersama dua pembicara lainnya, yakni Dr. Abdul Malik. M.Pd dan Dr. Suhardi Mukhlis, Seminar yang digelar secara luring dan daring dengan jumlah 100 peserta itu dipandu Nur Aisyah Fatmasari Wakil Ketua II ICMI Kepri.

Dalam paparannya yang berjudul “Peran Ormas dalam Pembangunan,” Kaban Kesbangpol Kepri, Dr. Darson menyampaikan sejumlah keberhasilan yang diraih Pemerintah Provinsi Kepri setidaknya dalam 3 tahun terakhir.

Baca Juga :  Ini Pesan Pjs Bupati Lingga Dalam Masuk Libur Panjang Nasional

Capaian keberhasilan itu antara lain, Indeks kerukunan di Kepulauan Riau adalah paling tinggi di Indonesia.

“Pada Tahun 2022 indeks kerukunan di Kepri mencapai 85,78 dan tertinggi nasional, indeks kerukunan di Kepulauan Riau tersebut dari tahun Ketahun mengalami peningkatan dan predikat memuaskan,” ungkap Darson.

Untuk diketahui, indeks kerukunan digunakan untuk mengukur tingkat kerukunan masyarakat dalam beragama di Indonesia, diukur dengan tiga dimensi penilaian utama, yaitu toleransi yang mencapai 81,47, kesetaraan 83,87 dan dimensi kerjasama 85,14.

Menurut Darson, keberhasilan yang telah dicapai itu tak lepas dari peran dan fungsi ormas di Kepri.

Baca Juga :  Tangkal Terorisme, FKPT Kepri Gelar Kenduri

“Jika kita tidak bersama-sama ikut berperan dan berpretasi tentu tidak akan terwujud,” ujarnya.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi data resmi BPS, Pemprov Kepri juga berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,69 persen di tahun 2023, menurunkan angka pengangguran menjadi sebesar 6,8 persen serta capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepri sebesar 79.08 persen sekaligus tertinggi ke 3 Nasional.

“Angka-angka dan data yang telah diraih Pemerintah Provinsi Kepri itu melebihi ekspektasi nasional,” tambah Kaban Kesbangpol Darson.

Dalam kesempatan itu, Dr. Darson juga memaparkan berbagai kesiapan dan kegiatan yang telah dilakukan Kesbangpol Kepri menghadapi Pilkada Serentak 2024. Salah satunya seperti menyelenggarakan do’a bersama wujudkan Pilkada Damai disejalankan Peringatan Hari Jadi Ke-22.

Baca Juga :  Pemkab Anambas Optimalkan APBD Perubahan 2020 untuk Penanganan COVID dan Pemulihan Ekonomi

“Deklarasi Pilkada hadir semua unsur, mulai FKPD bahkan instansi vertikal tingkat sumatera, Pimpinan Parpol hadir menandatangani Deklarasi Pilkada Damai yang kami selenggarakan baru-baru ini,” jelasnya.

Darson berharap berbagai upaya yang telah dilakukan Kesbangpol Kepri dapat mewujudkan pelaksanaan Pilkada yang berkualitas.

“Semoga terpilih pemimpin terbaik, untuk memimpin negeri ini,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *