Gubernur Ansar Serahkan Bantuan Rp48,2 Miliar untuk Pembangunan Kecamatan Bunguran Timur

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Natuna dengan menyambangi Kecamatan Bunguran Timur, Jumat (13/9), Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan total sebesar Rp. 48,2 miliar

KEPRI, RADARSATU.COM – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Natuna dengan menyambangi Kecamatan Bunguran Timur, Jumat (13/9).

Bertempat di Gedung Sri Serindit, Gubernur Ansar bersilaturahmi dengan masyarakat setempat sekaligus memaparkan capaian program pembangunan yang telah diraih selama tiga tahun kepemimpinannya.

Dalam kunjungan ini, Gubernur Ansar yang didampingi sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri dengan total nilai mencapai Rp48,2 miliar. Bantuan tersebut ditujukan untuk mendukung berbagai sektor seperti sosial, pendidikan dan ekonomi di Bunguran Timur.

Di antara bantuan yang disalurkan adalah hibah untuk rumah ibadah yang diberikan kepada 12 penerima dengan total anggaran Rp1,1 miliar. Selain itu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), 42 paket bantuan pembangunan fisik diserahkan dengan nilai Rp6,8 miliar.

Baca Juga :  Gubernur Ansar Ahmad Ajak Mahasiswa STAI Natuna Berperan Aktif dalam Pembangunan Daerah
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan SPP gratis kepada pelajar Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Tidak hanya itu, insentif juga diberikan kepada para guru PAUD, guru Madrasah Aliyah, serta pemuka agama di wilayah tersebut. Sebanyak 128 guru PAUD, 24 guru Madrasah Aliyah, dan 137 pemuka agama menerima insentif dengan total anggaran Rp366 juta sebagai bentuk apresiasi atas peran penting mereka dalam masyarakat.

Di bidang pendidikan, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan kepada empat sekolah di Bunguran Timur, yaitu SMK 1 Bunguran Timur, SMK 2 Bunguran Timur, SMA N 1 Bunguran Timur, dan SMA 2 Bunguran Timur, dengan total bantuan senilai Rp21,5 miliar.

Baca Juga :  Masyarakat Natuna Antusias Ikut Pelatihan Pembuatan MPASI yang Digagas MMI-UGM

Untuk infrastruktur, bantuan pemeliharaan dan rehabilitasi Pelabuhan Pengumpan Regional Penagi, Ranai senilai Rp16,1 miliar tahun 2023 juga telah disalurkan.

Selain bantuan fisik dan pendidikan, bantuan untuk penguatan kelembagaan masyarakat juga diberikan, mencakup 4 Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) per kelurahan, 7 LPM per desa, 3 Kepala Desa, 3 Badan Permusyawaratan Desa (BPD), 140 Ketua RT, 39 Ketua RW, serta 24 Posyandu.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad foto bersama pelajar SMA Kecamatan Bunguran Timur.

Bantuan operasional untuk Tim Pendamping Keluarga, Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), alat dan mesin pertanian (Alsintan), pupuk, serta insentif bagi Babinsa, Bhabinkamtibmas, Babinpotmar, dan Babinpotdirga turut diserahkan.

Selain itu, sebanyak 40 pelaku usaha mikro di Bunguran Timur juga menerima bantuan melalui program subsidi margin 0% dengan total anggaran Rp1,39 miliar.

Baca Juga :  Polres Anambas Tangkap Pelaku Penipuan Usaha Lobster, Korban Alami Kerugian Milyaran Rupiah

Gubernur Ansar berharap bantuan tersebut dapat mendukung terciptanya pemerataan pembangunan di Kepulauan Riau, khususnya di wilayah-wilayah yang jauh dari pusat kota.

“Dengan sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat, kita akan terus mendorong pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan,” ujar Gubernur Ansar menutup sambutannya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *